Sukses

Tak Melulu Dibuat Lauk, Ini 6 Kreasi Tempe Jadi Camilan Kekinian

Selain diolah menjadi lauk, tempe ternyata bisa dikreasikan menjadi camilan kekinian.

Liputan6.com, Jakarta - Tempe yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia, kini tengah ramai diperbincangankan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial.

Pernyataan bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno mengenai kondisi nilai rupiah yang sempat anjlok berpengaruh pada pengusaha, seperti produsen tahu dan tempe. Pernyataannya mengenai ukuran tempe dikecilkan hingga setipis kartu ATM pun ditanggapi berbagai respons publik.

Tempe memang menjadi salah satu makanan yang disukai masyarakat. Bahkan kini panganan yang kaya kalsium, vitamin B dan zat besi ini sudah banyak dijual dan diproduksi di luar negeri. Rupanya tempe sering dijadikan pengganti daging oleh kaum vegetarian di dalam dan luar negeri.

Di Indonesia, tempe biasanya disajikan sebagai lauk pauk yang diolah dengan cara digoreng yang sebelumnya sudah dilumuri bumbu. Namun, kini tempe sudah dikreasikan menjadi makanan-makanan kekinian, mulai dari steak hingga gelato.

Daripada makin penasaran, berikut enam kreasi olahan tempe kekinian yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Steak Tempe

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, banyak yang menjadikan tempe sebagai pengganti daging. Nah, steak tempe ini merupakan salah satu kreasi tempe untuk menggantikan daging. Jangan ragu sama olahan tempe kekinian satu ini, karena meski bukan dari daging, steak tempe enggak kalah lezat. Bahkan dari segi rasa dan tampilan pun tidak berbeda jauh dari steak daging, bukan?

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Burger Tempe

Tak hanya buat menggantikan daging menjadi steak saja, tempe juga pas banget buat pengganti daging yang ada di burger. Pastinya burger yang kamu makan jadi lebih sehat dan bernutrisi. Biasanya tempe tidak hanya menggantikan daging pada burger, tapi bisa juga dibuat untuk menggantikan roti bun pada burger.

3 dari 6 halaman

3. Brownies Tempe

Jika biasanya tempe hanya disajikan sebagai lauk dengan rasa gurih. Lalu apa jadinya jika tempe dipadukan dengan brownies yang bercita rasa manis dan legit? Pastinya bakal memberikan sensasi berbeda yang bakal jadi pengalaman tersendiri saat mencicipinya. 

4 dari 6 halaman

4. Cookies Tempe

Ternyata tempe juga bisa diolah menjadi biskuit. Ya, kreasi unik dan kekinian dari tempe ini berhasil diciptakan oleh seorang mahasiswa Universitas Brawijaya yang membuat biskuit berbahan tepung ganyong dan tempe yang dicampur bekatul. Kreasi uniknya ini bahkan lolos dalam kompetisi pangan dunia yang diciptakan untuk mengatasi kelaparan dan malnutrisi.

5 dari 6 halaman

5. Es Krim Tempe

Mau mencicipi tempe dalam bentuk yang manis dan dingin? Kalau gitu kamu harus coba gelato tempe yang satu ini. Olahan tempe kekinian dari kedai Gelato Secrets ini bakal memberi sensasi berbeda saat menikmati tempe. Bahkan gelato dengan rasa cukup nyeleneh ini sukses mencuri perhartian banyak orang.

6 dari 6 halaman

6. Tempe Cokelat Greentea

Selain berbagai olahan makan tersebut, tempe juga bisa dipadukan dengan bahan manis seperti cokelat dan greeantea. Jadi tempe tak hanya dijadikan sebagai olahan camilan gurih, tapi juga camilan manis yang tentunya membuat kamu penasaran dengan rasanya, bukan?

Nah, apakah kamu tertarik mencoba?

 

Reporter:

Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.