Sukses

Pengembangan Pulau Berhala Tersendat

Pengembangan Pulau Berhala terkendala dana. Pemprov Jambi tak bisa menggunakan dana APBD karena sudah ditandatangani.

Citizen6, Jambi: Gubernur Provinsi Jambi, Drs H Hasan Basri Agus (HBA) memanggil pihak-pihak terkait guna membahas Pulau Berhala. Gubernur Jambi mengatakan tidak bisa membantu pengembangan Pulau Berhala dengan mengunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi. Pasalnya APBD Provinsi Jambi 2012 sudah ditanda tanggani. Menurut HBA, kemungkinan pengembangan pulau ini akan ditanggulangi dana CSR.

Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi mempunyai dana CSR di Bank BPD Jambi sebesar Rp900 juta. Sedangkan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mempunyai dana sebesar Rp247 juta. "Nanti yang membangun Pulau Berhala bisa dari Pemerintah Daerah Tanjabtim atau Pemprov Jambi," kata HBA, Rabu (2/11). Dana ini menurut HBA akan digunakan untuk perbaikan aset Pemprov yang saat ini sudah rusak.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Didi Wurjanto menyebutkan, dari hasil kunjungan ke Pulau Berhala itu dapat diketahui beberapa aset Pemprov yang ada di sana sudah dalam kondisi sangat memperihatinkan. Adapun beberapa aset yang rusak seperti, gazebo, dermaga dan termasuk beberapa aset lainya. "Masyarakat Jambi yang ada di Pulau Berhala itu hanya ada tiga kepala keluarga (KK) dan 40 KK masyarakat Riau. Sedangkan bangunan kita ada 13 penginapan," tambahnya. (Pengirim: Syahreddy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.