Sukses

Momo Challenge, Tren Kekinian yang Berisiko Kematian

Setelah Kiki Challenge, kini sedang viral Momo Challenge yang dinilai sangat berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Tren ‘Kiki Challenge’ hingga kini masih digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Kiki Challenge merupakan sebuah tantangan yang mengharuskan kita berjoget di depan pintu mobil yang sedang berjalan dengan diiringi lagu.

Nah, sementara demam ini belum berakhir, kini sudah muncul kembali tantangan bernama Momo challenge yang baru-baru ini membuat netizen heboh.

Hal ini lantaran tantangan yang dilakukan melalui aplikasi chat ini dinyatakan sangat berbahaya. Bagaimana tidak, Momo Challenge yang menyebar melalui WhatsApp diduga dapat membuat pengikutnya melakukan percobaan bunuh diri. Momo challenge bahkan dikatakan telah menjadi penyebab kematian seorang gadis berusia 12 tahun asal Argentina.

Tantangan tersebut dimulai di Facebook, di mana para anggotanya akan ditantang untuk melakukan komunikasi dengan nomor yang tidak diketahui yang dikatakan sebagai Momo. Momo digambarkan dengan avatar seorang perempuan berwajah menyeramkan. Matanya terlihat menonjol dan memiliki senyum yang sangat lebar.

Beberapa pengguna mengatakan bahwa Momo akan menanggapi pembicaraan dengan gambar kekerasan dan pemain akan terancam jika mereka menolak untuk mengikuti setiap ‘perintah’ dari permainan tersebut.

Rodrigo Nejm dari LSM Brazil. Safernet menyebutkan bahwa bisa saja permainan tersebut digunakan oleh oknum tertentu untuk mencuri data dan juga memeras orang di internet.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Polisi

Para polisi di berbagai negara saat ini telah memberikan peringatan atas tantangan yang sangat berbahaya itu. Menurut BBC, Momo Challenge telah tersebar di Argentina, Amerika Serikat, Prancis dan Jerman. Polisi menghimbau orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka terutama mengawasi aktifitas mereka di aplikasi chatting.

 “Jangan bergabung dengan Momo Challenge. Jika kamu mencatat nomor lalu akan melihat wajah perempuan yang aneh, itu adalah virus WhatsApp terbaru yang kini populer di kalangan remaja,” jelas pihak kepolisian Spanyol di Twitter.

Reporter: Gadis Abdul

Sumber: Bintang.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.