Sukses

Tantangan Siram Air Mendidih yang Viral di AS Makan Korban Remaja 15 Tahun

Tantangan aneh yang mengharuskan orang menyiramkan air panas mendidih ke orang lain memakan korban seorang remaja di Amerika Serikat

 

Liputan6.com, Jakarta Setelah "keke challenge" yang dianggap berbahaya karena dilakukan di jalanan, tantangan viral lain kembali menjadi kontroversi. Permainan tersebut disebut "Hot Water Challenge".

Tantangan ini mengharuskan seseorang melempar air panas mendidih pada seseorang, atau meminum air panas mendidih melalui sedotan. Permainan ini bahkan sudah memakan korban.

Remaja 15 tahun itu bernama Kyland Clark. Dia dan temannya melihat tantangan tersebut di laman Youtube dan memutuskan untuk saling mengerjai. Ketika dirinya sedang tidur, temannya menuangkan air panas kepadanya sambil bercanda.

"Kemudian saya melihat ke dada saya. Kulit saya terjatuh dan saya melihat ke cermin. Saya lihat kulit terlepas di wajah saya," kata Kyland seperti dilansir dari Women's Health pada Selasa (31/7/2018).

Kyland harus berakhir dengan luka bakar tingkat dua di punggung, dada, dan wajahnya. Selain itu, remaja asal Indianapolis, Amerika Serikat itu harus menetap di rumah sakit selama seminggu.

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis luka bakar

Menurut Mayo Clinic, air panas tidak dapat menyebabkan luka bakar serius, termasuk luka bakar tingkat dua (yang mempengaruhi bagian atas dan lapisan sekunder kulit) serta luka bakar tingat tiga (yang mencapai lapisan lemak di bawah kulit serta menyebabkan kerusakan saraf).

Sementara, luka bakar tingkat pertama tidak perlu perawatan medis serius. Ini mirip dengan sengatan matahari.

"Luka bakar tingkat dua kerap menyakitkan dan menyebabkan lecet," kata Reed Caldweel, M.D. Asisten prodesor di Ronald O. Perelman Departement of Emergency Medicine di NYU Langone Health.

Jika Anda terkena panas dari air mendidih, penting untuk tindakan cepat.

"Langkah pertama dalam segala jenis luka bakar adalah menyingkirkan apa pun yang membakar Anda," tambah Caldwell. Itu termasuk melepas pakaian yang terkena air mendidih secepatnya, untuk kemudian menuju perawatan gawat darurat.

Selain itu, untuk mencegahnya tentu saja dengan tidak melakukan tantangan-tantangan viral di internet.

"Ada batasan untuk apa yang harus Anda lakukan dalam tantangan dan yang tidak seharusnya dilakukan," kata Kyland menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.