Sukses

Sentuh Tanaman Ini, Seorang Remaja Alami Luka Bakar Serius

Liputan6.com, Jakarta Seorang remaja laki-laki asal Spotsylvania harus mengalami luka bakar serius usai menyentuh sebuah tanaman. Bukan tumbuhan biasa, tanaman tersbeut nyatanya merupakan tanaman Hogweed raksasa. Tanaman Hogweed termasuk spesies yang baru-baru ini ditemukan di Virginia, yang mana getahnya bisa menyebabkan luka bakar dan kebutaan permanen.

Getah beracun yang dikeluarkan dari Hogweed ini bisa membuat kulit menjadi rentan dengan sinar UV. Itulah yang menyebabkan jika menyentuh tanaman ini dan terkena sinar matahari, akan langsung menyebabkan luka bakar dengan tingkat yang serius.

Remaja malang tersebut bernama Alex Childress yang mengalami luka bakar serius tingkat 2 dan 3 setelah menyentuh tanaman Hogweed raksasa. Hal ini berawal ketika Alex bekerja memangkas pohon di sebuah kebun. Tanpa sadar ternyata dia telah menyentuh Hogweed raksasa.

"Aku memotong rumput tinggi kemudian mengusap wajahku dan tidak terlalu peduli karena itu sudah biasa," ujar Alex

Awalnya dia mengira kalau kulit wajahnya mengalami iritasi karena terbakar panas matahari. Namun sesampainya di rumah dia mendapati kulitnya mulai mengelupas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Segera Bereaksi

"Sewaktu mandi, air panas mengenai wajahku dan kulitku mulai mengelupas. Bagian kulit itu pun cukup besar, Ibuku lalu melihatnya dan mengatakan kalau aku mengalami luka bakar tingkat tiga. Kemudian Ibuku membawa gambar Hogweed dan aku langsung mengenali kalau tanaman itu memang persis seperti yang kutebang," lanjutnya.

Tak butuh waktu lama untuk getah beracun tanaman itu bereaksi pada kulit. Biasanya usai terkena getah tersebut kulit akan langsung bereaksi 15 menit kemudian. Lalu hanya dalam waktu 48 jam, kulit akan langsung melepuh. Beruntung Alex langsung mendapat perawatan di rumah sakit dan luka bakarnya mulai pulih.

Reporter: Natael Sepaya

Sumber: Kapanlagi.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.