Sukses

5 Negara Ini Punya Kuliner Sehat dan Nikmat, Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa faktor ikut andil dan berpengaruh kepada kesehatan tubuh manusia, misalnya olahraga dan gaya hidup sehat yang mencakup asupan makanan. Begitu pentingnya asupan makanan bagi tubuh sehingga tak jarang dampaknya pada manusia bahkan langsung terlihat pada tubuh.

Kebanyakan makanan-makanan yang ada memang memiliki cita rasa yang nikmat, namun tidak begitu sehat bagi tubuh dan kesehatan. Namun, ternyata ada beberapa negara yang bukan hanya dikenal mempunyai kuliner yang nikmat, tapi juga dikenal memiliki kuliner sehat.

Meski kuliner sehat lebih sering diidentikkan dengan makanan yang kurang menggugah selera, tapi negara-negara ini menjadi bukti bahwa tidak selamanya kuliner sehat tidak mempunyai cita rasa yang lezat. Kamu pun tetap bisa menikmati makanan enak dan memiliki tubuh yang sehat.

Negara mana saja yang mempunyai kuliner sehat? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

1. Jepang

Kuliner Jepang memang sudah dikenal sebagai kuliner tersehat di dunia. Jepang diketahui banyak menggunakan sayuran dalam kulinernya seperti mentimun, brokoli, sawi, dan wortel. Kebiasaan orang Jepang yang gemar mengkonsumsi ikan juga membuatnya memiliki beragam kuliner yang sehat.

Ikan diketahui merupakan jenis makanan yang kaya akan protein sehat dan asam lemak omega-3. Selain itu, orang Jepang juga terbiasa menghidangkan makanan mereka dalam piring-piring kecil, sehingga cenderung makan lebih sedikit.

2 dari 6 halaman

2. Korea

Tidak berbeda jauh dari negara tetangganya, Jepang, Korea juga sering menggunakan sayur dalam kulinernya. Salah satunya yang paling terkenal adalah kimchi.

Kimchi merupakan kuliner yang terbuat dari sayur-sayuran seperti kubis, timun atau lobak dan dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah yang difermentasikan. Beberapa kandungan vitamin yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A, B1, B2, dan C.

3 dari 6 halaman

3. India

Kuliner dari negara yang satu ini terkenal kaya akan rempah seperti kunyit bubuk, kayu manis, cengkeh, jahe, bawang putih, bubuk cabai merah, kapulaga dan masih banyak lagi.

Penggunaan rempah-rempah tersebut bukan hanya untuk menambah cita rasa makanan saja, melainkan juga sangat sehat bagi tubuh. Misalnya kunyit bubuk yang biasa digunakan dalam kari, diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang ampuh melawan penyakit jantung dan masalah pencernaan.

4 dari 6 halaman

4. Belanda

Orang Belanda diketahui tidak mau mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Maka dari itu mereka selalu mengkonsumsi makanan dengan kualitas yang terbaik.

Orang Belanda juga setiap harinya mengkonsumsi sayur dan buah dalam porsi yang banyak. Salad atau sup yang mereka buat biasanya menggunakan komponen utama sayur.

5 dari 6 halaman

5. Islandia

Meski kuliner Islandia tidak begitu terkenal, ternyata tingkat ekspektasi hidup orang Islandia mencapai usia 83 tahun. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan hidup orang Islandia yang sangat alami.

Orang Islandia menghindari dan tidak menyukai makanan yang diproses seperti digoreng dengan minyak atau produk olahan yang sudah dikemas dalam plastik atau kaleng.

Reporter:

Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Piala Dunia 2018: Makna Unik di Balik Aksi Bersih-bersih Stadion Usai Pertandingan
Artikel Selanjutnya
Pergi Makan Siang 3 Menit Lebih Awal, Pegawai di Jepang Dihukum Denda