Sukses

6 Rekomendasi Kuliner Nikmat Sekitar Stasiun Pasar Senen

Stasiun Pasar Senen dikenal sebagai salah satu stasiun besar di Jakarta. Berikut ini adalah destinasi kuliner yang bisa dicicipi di sekitar Stasiun Pasar Senen.

Liputan6.com, Bandung - Stasiun Pasar Senen dikenal sebagai salah satu stasiun besar yang berlokasi di Senen, Jakarta Pusat. Stasiun ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang terutama penumpang yang datang dan pergi dari beberapa tujuan.

Melansir dari beberapa sumber, Stasiun Pasar Senen termasuk dalam stasiun kereta api kelas besar tipe A. Stasiun ini berada di lokasi yang strategis karena dekat dengan Gelanggang Remaja Jakarta Pusat dan Pusat Perbelanjaan Pasar Senen.

Berdasarkan sejarahnya, Stasiun Pasar Senen memiliki nama yang berasal dari pasar yang ada di dekat stasiun. Pasar tersebut dijuluki sebagai Pasar Senen karena saat itu pasarnya hanya buka setiap hari Senin.

Pasar Senen juga didirikan oleh Pemerintah kolonial di tahun 1733 untuk menghidupkan perekonomian masyarakat. Meski awalnya buka setiap hari Senin pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Petrus Albertus van der Parra pasar ini selalu ramai dikunjungi.

Alhasil pasarnya mulai buka setiap hari dan banyak pedagang Tionghoa yang mulai membuka usaha di pasar tersebut. Sementara Stasiun Pasar Senen dibuka pada 31 Maret 1887 sebagai sebuah perhentian kecil.

Seiring berjalannya waktu Stasiun Pasar Senen terus berkembang dan mempunyai desain yang semakin modern. Saat ini Stasiun Pasar Senen kerap dijadikan pemberhentian untuk kereta api antarkota untuk kelas campuran, ekonomi, premium, hingga eksekutif.

Biasanya Stasiun Pasar Senen jadi tempat untuk para penumpang yang berasal dari luar kota dan tiba di Jakarta untuk melanjutkan perjalanan ke tempat lain atau sekedar transit beberapa waktu saja.

Penumpang yang ingin memanjakan perut setelah perjalanan tentunya bisa mencicipi sejumlah kuliner yang ada di stasiun ini. Terdapat beberapa tempat makan dekat Stasiun Pasar Senen yang bisa jadi pilihan untuk mengisi perut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Kuliner Sekitar Stasiun Pasar Senen

1. Es Teler 77

Es Teler 77 merupakan tempat makan populer yang selalu tersedia di beberapa stasiun termasuk Stasiun Pasar Senen. Tempat makan ini cocok dikunjungi sebagai tempat makan siang karena memiliki ruangan yang luas dan nyaman.

Tempat ini tidak hanya menjual menu es teler tetapi juga terdapat makanan ringan dan berat seperti nasi goreng, mi ayam, batagor, hingga siomai. Melansir dari ulasan Google, Es Teler 77 di Stasiun Pasar Senen memiliki rating 3.9 dari total 682 pengguna.

Lokasinya ada di Jl. Bungur Besar No. 162, RW.3, Bungur, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

2. Nasi Bebek Warung Ibu Eti

Nasi Bebek Warung Ibu Eti berlokasi tidak jauh dari Stasiun Pasar Senen karena bisa diakses dengan berjalan kaki sekitar 1 menit. Tempat ini dikenal dengan menu nasi bebeknya dan nasi ayam kampung dengan harga cukup terjangkau.

Tempat makan ini berlokasi di Ps. Senen, Jl. Pasar Senen No.14, RW.3, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 16.00 hingga 11.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Berikutnya

3. Bakso Malang Oasis

Bagi pecinta makanan berkuah Bakso Malang Oasis bisa menjadi destinasi kuliner pilihan untuk memanjakan perut. Makanan ini tentunya memiliki menu bakso malang khas dengan kuah yang nikmat.

Diketahui Bakso Malang Oasis menyediakan beberapa menu makanan mulai dari mi ayam, soto, bahkan nasi goreng. Melansir dari ulasan Google Bakso Malang Oasis meraih rating 4.3 dari total 110 pengguna.

Lokasinya ada di Stasiun Pasar Senen, Jl. Pasar Senen, RW.3, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.

4. Sugakiya

Masih dengan menu makanan berkuah di Stasiun Pasar Senen terdapat spot kuliner ramen dengan menu yang bervariasi. Tempat ini bahkan selalu ramai dikunjungi karena dikenal dengan rasa ramennya yang khas.

Sugakiya berlokasi tidak jauh dari pintu masuk Stasiun Pasar Senen dan memiliki area yang nyaman untuk bersantai setelah turun dari kereta atau menunggu kereta. Berdasarkan dari ulasan Google Sugakiya mempunyai rating 4.8 dari total 180 ulasan pengguna/

Lokasi Sugakiya ada di dalam Stasiun Pasar Senen, Jl. Pasar Senen No.15, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Selanjutnya

5. Loko Cafe

Kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi cafe yang ada di dalam stasiun yaitu Loko Cafe. Tempat ini dikenal sebagai tempat santai untuk menikmati menu minuman kopi dan menu minuman lainnya yang bervariasi.

Selain dikenal sebagai tempat santai Loko Cafe juga menyajikan menu makanan berat khas Indonesia seperti Nasi Goreng, Rawon, Ayam Penyet, dan lain-lain. Mengutip dari ulasan Google tempatnya memiliki rating 4.5 dari total 661 pengguna.

Lokasi Loko Cafe ada di dalam Stasiun Pasar Senen, Jl. Pasar Senen No.18, RT.18/RW.4, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 06.00 hingga 23.00 WIB.

6. Soto Betawi “Senen Jaya”

Ketika tiba di Jakarta tentunya kuliner yang wajib untuk dicicipi adalah makanan Soto Betawi. Diketahui tempat makan Soto Betawi yang populer di sekitar Stasiun Pasar Senen adalah Soto Betawi Senen Jaya.

Tempat makan ini bahkan dikenal legendaris karena sudah beroperasi sejak 1974 dan dikenal dengan rasanya yang khas dan kaya akan rempah. Melansir dari Google tempat ini berjarak sekitar 130 meter dari Stasiun Pasar Senen atau menempuh waktu 2 menit dengan berjalan.

Lokasi Soto Betawi “Senen Jaya” ada di Lapak Kue Subuh, Parkiran Motor, Pasar Senen, Jl. Pasar Senen Blok 3 lt dasar, RT.3/RW.3, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam buka setiap hari pukul 06.00 hingga 16.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.