Sukses

Mencicipi Kuliner Nasi Gandul, Makanan Khas Pati yang Legendaris

Nasi Gandul merupakan salah satu kuliner khas Pati yang cukup legendaris. Bagi masyarakat Jakarta yang ingin mencicipi makanan ini ada satu tempat legendaris yaitu Nasi Gandul Bu Endang.

Liputan6.com, Bandung - Negara Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara yang menyimpan banyak tempat wisata alam tetapi juga dikenal dengan negara yang kaya akan wisata kuliner. Pasalnya daerah di Indonesia memiliki banyak budaya dan tentunya setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Salah satu kuliner khas yang wajib untuk dicoba baik oleh wisatawan lokal dan mancanegara adalah kuliner makanan di daerah Pati, Jawa Tengah. Kota ini memiliki hidangan makanan yang populer bernama “Nasi Gandul”.

Melansir dari situs resmi Pemprov Jateng nama makanan ini mungkin terdengar cukup aneh dan unik bagi sebagian orang. Namun arti “Gandul” sendiri ternyata berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti “Menggantung”.

Sebagai informasi meskipun nama makanan ini memiliki arti menggantung namun sajian makanannya tidak disajikan dengan menggantung. Diketahui nama tersebut berdasarkan dari cara sang penjual menjajakan dagangannya yaitu dengan cara digantung pada pikulan.

Berdasarkan dari hal tersebut nama “Nasi Gandul” mulai terbentuk dan sajian makanan ini identik dengan rasa khas yang menggugah selera. Satu porsi Nasi Gandul biasanya terdiri dari nasi putih yang diberi lauk seperti empal atau daging sapi.

Daging sapi tersebut biasanya memiliki bumbu bacem dan diguyur dengan kuah yang kaya akan rasa terutama nikmat bagi pecinta makanan gurih. Salah satu tempat nasi gandul yang sangat populer di antara masyarakat adalah Nasi Gandul Bu Endang yang memiliki cabangnya di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Nasi Gandul Bu Endang

Bagi masyarakat di Jakarta tempat makan Nasi Gandul Bu Endang menjadi lokasi yang populer dikunjungi bagi masyarakat yang ingin mencicipi menu makanan khas Pati. Tempatnya juga berada di lokasi yang strategis karena berada di pinggir jalan raya dan mudah ditemukan oleh para masyarakat.

Nasi Gandul Bu Endang berlokasi di Jl. Pesanggrahan No. 13 1, RT.2/RW.3, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Ibukota Jakarta dan memiliki jam buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

Melansir dari ulasan di Google tempat ini memiliki rating 4.5 dari total 2.2 ribu ulasan pengguna. Tempatnya memiliki suasana warung makan yang sederhana namun dengan rasa nikmat karena memiliki sajian kuah dengan bumbu yang khas.

Selain Nasi Gandul tempat makannya juga memiliki menu makanan khas Jawa lainnya dengan rasa yang tak kalah enak. Namun tentunya menu utama yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi kedai makanan ini adalah hidangan Nasi Gandul.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Nasi Gandul Bu Endang

Melansir dari beberapa sumber Nasi Gandul Bu Endang menjadi kedai makanan khas Pati yang memiliki banyak pesona daya tariknya. Diketahui daya tarik pertama dari kedai makanan ini adalah rasanya yang sudah terkenal nikmat karena telah berdiri sejak tahun 1997.

Tempat makan ini menjadi salah satu kedai masakan Jawa yang legendaris dan tidak hanya disukai oleh warga setempat tetapi juga sering dikunjungi oleh sosok ternama. Misalnya jadi favorit artis ibu kota, pejabat, hingga tokoh penting lainnya yang pernah mencicipi Nasi Gandul Bu Endang.

Kemudian Nasi Gandul di kedai makanan Bu Endang sering disajikan dengan cara yang khas menggunakan piring berlapis daun pisang. Diketahui cara tersebut dilakukan untuk memberikan aroma harum pada masakan yang dihidangkan tersebut.

Daya tarik Nasi Gandul juga ada dalam hidangannya yang memiliki potongan daging sapi yang disiram kuah dengan bumbu khas Bu Endang. Rasanya yang gurih dan manis menjadikan menu makanan ini banyak disukai oleh sejumlah masyarakat terutama para pecinta kuliner.

4 dari 4 halaman

Menu Makanan di Nasi Gandul Bu Endang

Melansir dari beberapa sumber satu porsi Nasi Gandul Bu Endang biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 37.500. Selain Nasi Gandul kedai makanan ini juga memiliki menu makanan khas Jawa lainnya dengan harga yang ramah di kantong.

Misalnya saja menu Nasi Gudeg Komplit yang dijual dengan harga Rp 37.500 satu porsinya sama seperti Nasi Gandul. Kemudian terdapat menu utama lainnya mulai dari Nasi Ayam Semarang, Nasi Rawon, hingga Nasi Pecel.

Nasi Gandul Bu Endang juga menjual beberapa menu lauk tanpa nasi di antaranya Asem-asem Daging, Babat Gongso, Soto Ayam Kemiri, Garang Asem Iga, Bandeng Bakar, Ayam Goreng, Ayam Bakar, Gado-Gado, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini