Sukses

Para Ibu, 5 Tips Ini Bisa Menjaga Ketupat Tidak Cepat Basi

Liputan6.com, Jakarta - Tak akan lengkap lebaran tanpa ketupat. Sayangnya, seringkali ketupat yang dimasak terlalu banyak sehingga tidak habis hari itu juga. Padahal kalau dibiarkan begitu saja, ketupat bisa basi.

Nah, berikut ada beberapa tips agar ketupat tahan lama. Ini dia.

1. Menyelupkan ketupat ke air dingin

Segera setelah ketupat matang dan diangkat dari panci, celupkan ke dalam air dingin atau air es selama beberapa saat. Cara ini akan membuat proses pemanasan ketupat segera berhenti dan dingin sempurna.

2. Digantung atau diangin-anginkan

Setelah dicelupkan ke air dingin, segera angin-anginkan ketupat agar kandungan airnya berkurang. Cara ini akan menjaga ketupat tidak cepat basi.

 

2 dari 2 halaman

3. Menyimpannya dalam kulkas

Menyimpan ketupat dalam kulkas akan membuatnya tahan lebih lama. Ketika akan dikonsumsi, ketupat cukup dihangatkan kembali.

4. Hindari penyimpanan di tempat lembab

Bila ketupat diletakkan di tempat yang lembab, ketupat bisa cepat basi. Karena itu, pastikan menggunakan wadah yang bersih dan kering. Sirkulasi udaranya juga harus baik agar ketupat tahan lama.

5. Kukus kembali

Biasanya ketupat tahan 2-3 hari. Tapi bila ingin membuatnya tahan lebih lama lagi, cobalah untuk mengukusnya pada hari kedua atau ketiga untuk dikonsumsi keesokan harinya. Selama tak berair, ketupat aman tetap dikonsumsi.

Reporter: Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading