Sukses

Berbekal Panduan dari Youtube, Wanita Ini Melahirkan Bayinya Sendirian

Berbekal panduan di Youtube, wanita itu melahirkan buah hatinya secara mandiri

Liputan6.com, Jakarta Kisah seorang wanita viral di jejaring sosial Twitter setelah berhasil melahirkan bayinya dengan selamat sendirian, hanya berbekal panduan di Youtube. Wanita itu melahirkan buah hatinya secara mandiri di sebuah kamar hotel di Turki.

Ketika itu, Tia Freeman dari Nashville, Tennessee, Amerika Serikat tengah dalam perjalanan transit dari Amerika ke Jerman. Menurut Freeman, ia mulai mengalami kontraksi saat mulai melakukan perjalanan ke Turki. Awalnya ia mengira hal tersebut karena makanan yang ia konsumsi sebelumnya. Tapi ketika tiba di bandara Turki, gejalanya makin terasa dan ia mulai memikirkan kalau ia bakal segera melahirkan.

Untuk melepas lelah dan menenangkan diri, ia memilih berbaring di bak mandi hotel di Istanbul bulan Maret lalu. Berada di kamar hotel negara yang tak ia ketahui bahasa dan nomor daruratnya, Freeman memutuskan mengecek Youtube.

Di media sosial berbagi video itu ia berharap menemukan panduan bagaimana caranya melahirkan bayi secara mandiri. Di dalam bak mandi tersebut, ia melahirkan dengan bantuan teknik water birth. Bahkan, ia mengetahui cara memotong tali pusar juga lewat panduan di Youtube.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Setelah melahirkan bayi yang ia beri nama Xavier Ata Freeman, wanita itu menghubungi konsulat AS di Turki yang kemudian mengirimnya penerjemah dan membawanya ke rumah sakit.

Freeman yang seorang analis Angkatan Udara AS, tak tahu ia hamil sampai usia kandungannya menginjak trimester ketiga. Perkiraan dokter, ia baru akan melahirkan dua minggu lagi.

"Saat saya membeli tiket ke Jerman, saya hanya berpikir dan menghitung kalau bayi saya akan lahir tepat waktu dan saya akan baik-baik saja," ujar Freeman ke Newsweek.

Setelah melahirkan, orang pertama yang ia beri tahu adalah neneknya.

"Dia benar-benar merasa kaget dan shock," pungkasnya.

Reporter: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.