Sukses

5 Bahan Alami Ini Efektif Atasi Area Bibir Menghitam

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki wajah yang mulus, cerah, dan bersih memang menjadi dambaan banyak orang. Untuk mendapatkan hal itu, biasanya banyak cara yang dilakukan, salah satunya dengan perawatan wajah menggunakan berbagai produk atau treatment.

Sayangnya, setelah melakukan rangkaian perawatan, masih ada saja beberapa area tertentu yang menghitam dan gelap. Bukan hanya sulit dihilangkan, noda menghitam seperti di area bibir bisa memberi kesan wajah yang kusam serta mengganggu penampilan kita.

Kondisi semacam ini dapat terjadi pada wajah yang disebabkan hiper-pigmentasi. Meski begitu, kamu bisa kok mengurangi dan mengatasi warna gelap di area bibirmu dengan cara yang alami.

Melansir laman Boldsky, berikut merupakan sejumlah bahan alami untuk mengatasi area di sekitar bibir yang gelap.

2 dari 7 halaman

1. Bubuk Kacang Hijau

Segenggam kacang hijau dicuci dan dikeringkan, kemudian dibuat menjadi bubuk. Setelah itu, campurkan dengan sedikit susu untuk mengubahnya menjadi masker. Aplikasikan pada kulit di sekitar bibir untuk meringankan bintik gelapnya.

3 dari 7 halaman

2. Lemon dan Madu

Kedua bahan ini bekerja sangat baik dalam menghilangkan bercak gelap pada kulit, serta bermanfaat untuk mencerahkan bibir. Peras sebuah lemon dan campur dengan madu menjadi satu banding satu.

Oleskan ini pada area yang gelap, dan biarkan selama 15-20 menit lalu bersihkan menggunakan air biasa. Gunakan obat ini setiap hari dan setiap kali anda terpapar sinar matahari.

4 dari 7 halaman

3. Cendana dan Kunyit

Masalah bibir gelap bisa diatasi dengan kombinasi ini. Hanya dengan mencampurkan 1 sdm bubuk cendana dan sejumput kunyit. Tambahkan air mawar ke dalam campuran untuk membuatnya menjadi kental.

Oleskan ini pada bibir selama 30 menit hingga kering. Kemudian, cuci dengan air dingin. Ini bekerja sangat efektif dalam menghilangkan bercak gelap di sekitar bibir dan dagu.

5 dari 7 halaman

4. Aloe Vera Gel

Lidah buaya dapat menghilangkan warna gelap akibat paparan sinar matahari. Oleskan gel aloe vera yang sudah diekstrak ke bagian yang gelap sepanjang malam.

6 dari 7 halaman

5. Putih Telur, Madu dan Lemon

Untuk mencobanya, kalian hanya membutuhkan satu butir putih telur, madu dan air lemon. Campurkan putih telur tersebut ke dalam jumlah yang sama dari madu dan air lemon.

Campur hingga merata agar tidak ada gumpalan yang terbentuk, lalu oleskan masker ini pada area yang terkena. Biarkan kering selama sekitar 15-20 menit dan cuci menggunakan air dingin.

7 dari 7 halaman

6. Jus Kentang

Bahan pemutih yang terkandung dalam kentang akan membantu mengurangi bercak gelap di sekitar bibir Anda. Potong sebuah kentang menjadi potongan kecil, lalu gosok potongan kentang ini di sekitar bibir Anda dan biarkan sampai kering sekitar 20 menit. Nanti, cuci dengan air hangat.

Reporter:

Ferra Ferdiana

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Bibir Lembap dan Segar Selama 8 Jam dengan Lip Juicer
Artikel Selanjutnya
Gara-Gara Pakai Lipstik Murah, Bibir Gadis Ini Berubah Mengerikan