Sukses

Lem hingga Muntahan Paus, 7 Temuan Tak Sengaja yang Buat Kaya Mendadak

Liputan6.com, Jakarta Keberuntungan seringkali tidak memihak. Dari kejadian tidak terduga, seseorang bisa mendadak menjadi jutawan saat menemukan sesuatu.

Melansir dari Brightside, berikut kisah tujuh temuan tak terduga yang membuat penemunya tajir melintir.

1. Super Glue

Super Glue adalah merek lem super kuat yang banyak digunakan orang. Siapa sangka, ini ditemukan seccara tidak sengaja oleh Harry Coover, seorang kimiawan asal Amerika.

Harry dan timnya awalnya mencoba mengembangkan bahan untuk membuat teropong senapan plastik. Namun, mereka malah menemukan lem super kuat. Lem super ini lalu jadi produk paling populer pada tahun 1985 dan menghasilkan pendapatan sekitar US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 34 triliun.

2. Bongkahan emas

Ketika sedang mencari benda dengan detektor logam di tanah sekitar rumahnya, seorang petani lokal di Australia secara tak sengaja mendeteksi bongkahan kecil emas. Ia terus menggali dan menemukan emas 5,5 kg senilai US$ 315 ribu atau sekitar Rp 4,3 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Muntahan Paus

Charlie Naysmith (8) menemukan batu karang berbentuk aneh saat sedang bermain di pantai. Bocah asal Inggris itu kemudian mencari informasi di internet dengan bantuan ayahnya. Kemudian diketahui kalau itu merupakan ambergris atau muntahan paus.

Muntahan paus adalah bahan yang sangat berharga dalam produksi parfum. Ambergris yang ditemukan Charlie diperkirakan bernilai US$ 63 ribu atau sekitar Rp 868 juta.

4. Hoxne Hoard

Seorang petani dari Inggris bernama Peter Whatling meminta bantuan temannya mencari palu yang hilang dengan detektor logam. Alih-alih, mereka justru menemukan kotak kayu berisi perhiasan dan koin senilai US$ 15 juta atau sekitar Rp 206 miliar.

Penemuan tersebut disebut sebagai Hoxne Hoard dan dibawa ke British Museum untuk dipajang. Eric sendiri mendapat hadiah US$ 2,3 juta yang kemudian ia bagi dengan Peter.

 

3 dari 3 halaman

5. Microwave

Saat ditugaskan untuk meneliti mesin yang dapat mendeteksi pesawat musuh dari PD II, Percy Spencer, seorang sarjana teknik asal Amerika, tak sengaja melelehkan permen cokelat di sakunya. Permen tersebut meleleh akibat terkena gelombang mikro yang terpancar dari mesin pendeteksi pesawat. Ia kemudian mencobanya pada jagung dan telur.

Penciptaan tak sengaja itu membuat perusahaan tempat Spencer bekerja, Raytheon, meraup keuntungan US$ 25 miliar.

6. Royal One

Ketika tengah mengumpulkan batu di sungai, seorang penambang Austraila menemukan batu besar berkilauan di dasar embernya. Batu itu sangat indah sehingga ia bawa pulang sebagai suvenir.

14 tahun kemudian, ia menunjukkan batu tersebut pada spesialis. Siapa sangka, batu tersebut ternyata opal hitam langka senilai lebih dari US$ 3 juta atau sekitar Rp 41 miliar. Batu itu kemudian diberi nama Royal One.

7. Dinding koin

Saat bermain di sebuah rumah kosong di Pennsylvania, Amerika Serikat, bocah setempat menemukan koin tua di dekat salah satu dinding. Setelah memberi tahu orang tua, dinding tersebut dijebol.

Alangkah terkejutnya mereka ketika kemudian rtausan koin jatuh berhamburan. Ada koin senilai US$ 8500 dan beberapa koin langka senilai US$ 200 ribu.

Reporter: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.