Sukses

Cara Gampang Ketahui Telur Rebus Telah Matang Sempurna

Merebus telur yang kurang tepat bisa membuat telur yang dimasak tidak bisa matang sempurna lo.

Liputan6.com, Jakarta - Telur memang bisa diolah menjadi berbagai camilan dan makanan enak. Namun, yang paling biasa dan mudah dilakukan bahkan bagi yang tidak bisa memasak sama sekali adalah merebus atau menggoreng telur. Meski terlihat sangat mudah, tapi sebenarnya merebus telur bukan perkara gampang lo.

Memasak telur yang kurang tepat bisa membuat telur yang dimasak tidak bisa matang sempurna. Atau, telur bisa terlalu matang sehingga teksturnya kurang menarik lagi di lidah. Telur yang dimasak terlalu lama juga bisa pecah. Terlebih lagi ketika telur itu dimasak dengan cara direbus. Lantas, bagaimana cara mengetahui telur yang direbus sudah matang dan siap diangkat?

Ketika merebus telur, usahakan untuk merebusnya sampai air benar-benar mendidih. Rebus sedikitnya selama 15 menit dengan api sedang. Pastikan bahwa api tidak terlalu kecil dan tidak juga terlalu besar.

Untuk telur rebus yang telah matang, biasanya akan bergerak dengan mudah di dalam air yang mendidih. Telur ini seolah memiliki berat yang lebih ringan sehingga bisa dengan mudah bergerak di dalam air yang telah mendidih. Selanjutnya, sebagai penanda telur yang direbus telah matang, buih di air tidak sebanyak saat telur baru dimasukkan ke panci. Air untuk merebus juga terlihat lebih jernih dan mendidih sempurna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk memastikan telur yang kamu rebus matang, kamu hanya perlu menaruh telur yang sudah direbus di atas meja. Kemudian putar telur itu searah jarum jam. Jika telur tersebut berputar tanpa bergoyang dan jatuh, berarti telur sudah matang. Selain itu, cara lain untuk mengetahui telur rebus sudah matang yaitu dengan menusuk bagian dalam telur dengan menggunakan tusuk gigi.

Cukup mudah bukan?

 

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.