Sukses

Kantung Teh Celup Bekas Ampuh Sembuhkan 9 Penyakit Ini

Anda bisa menggunakan kantung bekas seduhan teh celup untuk mengobati beberapa penyakit. Penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan itu sangat penting. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya. Ada kalanya aktivitas yang dijalani membuat seseorang lupa untuk membuat tubuh selalu fit. Akibatnya, banyak penyakit ringan yang timbul di dalam tubuh.

Seperti dikutip dari Healthyfoodteam, Anda bisa menggunakan kantung bekas seduhan teh celup untuk mengobati beberapa penyakit ringan tersebut. Teh hijau misalnya, diketahui memiliki kandungan tanin yang merupakan zat anti-oksidan dan anti-mikroba yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah dan hipertensi.

Teh chamomile juga terkenal karena bermanfaat untuk menghilangkan peradangan. Sedangkan teh peppermint baik untuk menyegarkan napas. Selain mengonsumsi tehnya, Anda juga bisa menggunakan kantung bekas seduhan teh untuk mengobati beberapa penyakit berikut:

1. Mata bengkak

Kantung teh sangat efektif mengobati mata bengkak. Anda hanya perlu mengompres mata dengan kantung teh yang dingin. Sakit mata dan bengkak akan mereda setelahnya.

2. Jerawat

Gunakan kantung teh hitam atau teh hijau pada jerawat. Cukup letakkan kantung teh pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama sepuluh menit. Kandungan tanin akan mengurangi pembengkakkan dan kemerahan. Sifat anti-mikroba juga dapat mengobati masalah kulit.

3. Sariawan

Teh hitam sangat bermanfaat dalam mengobati sariawan dan luka melepuh di bagian mulut, hidung atau di sekitar wajah. Cukup rendam kantung teh hitam pada air hangat dan oleskan pada luka, biarkan selama sekitar 30 menit. Lakukan beberapa kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

4. Terbakar sinar matahari

Ketika kulit terlalu lama terkena sinar matahari, Anda akan merasa perih. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan kantung teh hitam untuk meredakanya. Kandungan tanin yang ada di dalam teh hijau akan mengurangi rasa sakit pada kulit yang terbakar matahari.

Caranya, rendam kantung dalam botol yang memiliki semprotan, lalu semprotkan air tersebut pada kulit. Atau Anda juga bisa mencampurkan teh saat mandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Bau mulut

Teh peppermint merupakan bahan alami untuk meredakan bau mulut. Anda bisa membuat ramuan dengan enam kantung teh dan satu liter air. Minuman ini bisa menjadi penyegar napas alami dan aman dibandingkan obat kumur yang berbahan dasar alkohol.

6. Kutil

Kandungan tanin dalam teh hitam dapat membunuh kutil hingga ke akarnya. Cukup tempelkan kantung teh yang basah pada kutil, biarkan bereaksi selama beberapa jam dan ulangi beberpa kali sehari. Lakukan ini setiap hari hingga kutil Anda lepas. Ingat, selalu ganti kantung teh dengan yang baru.

7. Gigitan serangga

Kantung teh dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh gigitan serangga. Basahi dulu kantung teh hitam atau teh hijau sebelum dikompreskan pada luka gigitan.

8. Memar

Memar akan lebih cepat sembuh juka dikompreskan kantung teh. Kandungan tanin dalam teh akan mengencangkan pembuluh darah sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Kompreskan kantung teh basah yang hangat pada memar sambil ditekan-tekan dan biarkan bereaksi. Ulangi perawatan ini beberapa kali sehari.

9. Bau kaki

Kantung teh hitam bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah bau kaki. Anda hanya perlu menggosok-gosokkan kantung teh hitam pada jari-jari kaki setelah memakai sepatu. Atau Anda bisa menempatkan kantung teh dalam sepatu untuk menyegarkannya. Anda juga bisa membasuh tangan dengan teh ketika selesai memotong bawang. Berani coba?

Sumber: Feed.Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini