Sukses

Uniknya Seragam Sekolah Siswa dari Berbagai Negara, Mana yang Kamu Suka?

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan seragam sekolah untuk siswa Sekolah Dasar (SD) bertujuan agar semua murid tampak sama dan tidak ada kesenjangan. Ternyata hampir setiap negara memberlakukan peraturan ini, namun seragam yang dikenakan tentunya berbeda, tergantung filosofi dan cuaca disuatu negara.

Jika di Indonesia seragam SD menggunakan warna merah dan putih sesuai bendera kebangsaan, namun berbeda dengan negara lain, ada yang menggenakan pakaian adat dan aksesoris unik yang memiliki makna tersendiri di negara tersebut, ada juga yang mengenakan seragam dengan warna lucu.

1. Seragam Biru Bertopi Menjadi Pakaian Wajib Siswa SD di China

Mirip seperti seragam tentara angkatan laut, seragam SD di China ini berwarna biru lengkap dengan sabuk berwarna hitam serta topi biru dengan motif bintang dibagian tengahnya.

2 dari 4 halaman

2. Seragam SD di Vietnam Berwarna Merah Muda

Seragam unik yang kedua datang dari Vietnam, negara yang terkenal dengan pantai Phu Quoc nya yang indah ini mewajibkan siswa sekolah dasar disana mengenakan seragam berwarna merah muda. Selain itu, para siswa juga wajib mengenakan selempang berwarna jingga tua dan menggunduli rambut seperti seorang biksu.

3 dari 4 halaman

3. Berdasi dan Jas Rapi Menjadi Seragam Siswa SD di Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kedisiplinan tinggi. Sejak duduk di bangku sekolah dasar mereka diwajibkan mengenakan seragam jas dan dasi rapi layaknya pekerja kantoran.

4 dari 4 halaman

4. Di Sri Lanka, Selain Baju Gaya Rambut juga Harus sama

Jika kebanyakan sekolah dasar hanya mewajibkan mengenakan baju seragam saja, namun berbeda di negara Sri Lanka, selain seragam, mereka juga wajib memiliki gaya rambut yang sama. Seragam serba putih dan rambut panjang di kepang merupakan ciri khas dari siswa perempuan di negara tersebut. Dari keempat seragam tersebut, menurutmu mana yang paling lucu?

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama) Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.