Sukses

6 Penyakit Aneh yang Membuat Bingung Para Dokter

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa penyakit ini termasuk dalam kondisi medis yang sangat aneh, bahkan Anda mungkin belum pernah mendengarnya. Meski demikian, kasus-kasus penyakit dan sindrom ini pernah terjadi di dunia.

Melansir dari Brighstide, berikut 6 penyakit aneh dan sindrom yang membuat bingung pada dokter.

1. Sindrom Ehlers-Danlos

Penyakit ini mengganggu sintesis kolagen yang menyebabkan: kerapuhan pembuluh darah, fleksibilitas sendi yang berlebihan, dislokasi, keseleo, deformasi jaringan, dan konsekuensi berbahaya lainnya. Kulit dari mereka yang punya penyakit ini elastis dan sangat rentan terhadap kerusakan dan jaringan parut.

Ada beberapa variasi sindrom ini, dari yang sedang hingga berat. Tak ada pengobatan untuk penyakit ini, tapi jika mendapatkan fisioterapi yang tepat, efek negatifnya dapat diturunkan.

2. Encephalitis Lethargica

Juga dikenal sebagai penyakit tidur, tapi ini berbeda dengan penyakit tidur yang ditularkan oleh lalat tsetse. Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, sakit tenggorokan, sakit kepala, lemas, tremor, dan tertidur di mana saja.

Belum ditemukan pengobatan untuk penyakit ini. Beberapa orang dapat sembuh sendiri, namun bila kronis bisa terjadi bahkan bertahun-tahun. Epidemi ini sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1915-1917.

1 dari 3 halaman

3. Xeroderma/sindrom vampir

Mereka yang mengidap penyakit ini, tak bisa berada di bawah sinar matahari. Kulit yang terkena sinar ultraviolet dapat dengan mudah meradang. Peradangan itu kemudian menyebabkan onkologi.

Biasanya mereka yang memiliki penyakit ini akan memakai setelan khusus dan krim pelindung berlapis-lapis sebelum keluar rumah.

4. Fibrodisplasia

Penyakit genetik langka dan berbahaya ini ditandai dengan pengerasan otot, tendon, dan ligamen secara bertahap. Penyakit ini juga menyebabkan deformasi serius, kehilangan kemampuan untuk bergerak normal, serta kematian dini.

Tak ada tindakan pengobatan yang efektif untuk penyakit ini, namun para ilmuwan berhasil menemukan gen yang bertanggung jawab. Saat ini, percobaan klinis obat untuk penyakit ini sedang dilakukan. Obat tersebut seharusnya dapat menghentikan proses pengerasan.

 

2 dari 3 halaman

5. Hipertrikosis

Merupakan pertumbuhan berlebih pada rambut di tempat yang tidak dianggap normal, misalnya di wajah. Sebagian besar kasus ditemukan pada pria dan jarang terjadi pada wanita.

Penyakit ini tidak dapat diobati dan untungnya, ada banyak cara untuk menyingkirkan rambut berlebih ini. Jesus Aceves adalah seorang aktor Meksiko yang memiliki penyakit ini. Ia bangga dengan penyakitnya dan memilih berdamai dengan hal tersebut.

6. Argyria

Penyakit ini disebabkan oleh terbentuknya sedimen perak di dalam tubuh. Akibatnya, kulit seseorang berwarna perak atau kebiruan. Perkembangan argyria terjadi dalam situasi ketika orang menggunakan banyak produk yang menggunakan perak, terutama terjadi pada orang-orang yang bekerja dengan logam.

Orang yang paling terkenal dengan penyakit ini adalah seorang pria Amerika bernama Paul Karason yang dijuluki "Papa Smurf." Tubuhnya berwarna biru setelah ia memakai koloid perak untuk waktu yang lama untuk mengobati dermatitisnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Alami Sepsis dan Tak Terdiagnosis, Malec Kehilangan Lengan dan Kaki
Artikel Selanjutnya
Tunggu Suami Pulang, Wanita Ini Ternyata Lupa Sudah Cerai