Sukses

Yuk, Ikuti Pemilihan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu 2018

Liputan6.com, Jakarta Menjadi duta pariwisata memiliki tugas pokok untuk mempromosikan potensi pariwisata dari daerah yang diwakilinya. Salah satu duta pariwisata yang mewakili DKI Jakarta adalah Abang dan None Jakarta.

Abang dan None Jakarta memiliki duta masing-masing untuk setiap Kota atau Kabupaten Administrasi DKI Jakarta yang salah satunya Kepulauan Seribu. Dengan titel Abang dan None Jakarta Kepulauan Seribu, pada kenyataanya duta pariwisata yang mewakili Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu memiliki kontribusi yang lebih dari hanya mempromosikan pariwisata dan kebudayaan yang ada di Kepulauan Seribu.

“Tahun ini kita (Jakarta) akan menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Paragames, seluruh delegasi akan datang ke Jakarta Kepulauan Seribu, dan kalian akan menjadi duta pariwisatanya, ayo segera daftarkan diri kalian!” ujar Irmansyah, Bupati Jakarta Kepulauan Seribu.

Mengingat perkataan Bupati Kepulauan Seribu, maka tahun ini merupakan salah satu momentum yang pas untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan khususnya di wilayah Kepulauan Seribu yang merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Indonesia.

Tentang Abang None Jakarta Kepulauan Seribu

Mengikuti Peraturan Pemerintah RI Nomor 55 tahun 2001 tentang pembentukan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta, pada tahun 2002, pemilihan Abang None Jakarta dari wilayah Kepulauan Seribu pun dibuka. Tugas kami sebagai Abang None Jakarta Kepulauan Seribu adalah sebagai duta pariwisata pulau yang membantu Pemerintah Daerah, Provinsi, maupun Pusat untuk meningkatkan potensi di sektor pariwisata dan kebudayaan.

Setiap tahunnya, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Adm. Jakarta Kepulauan Seribu bersama Ikatan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu mencari 30 finalis yang terdiri dari 15 Abang dan 15 None. Para finalis terpilih nantinya akan menjadi ikon pemuda pemudi Jakarta dan memiliki peluang untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan promosi pariwisata dan kebudayaan Jakarta Kepulauan Seribu.

Tidak hanya itu, para Abang dan None pun akan mendapatkan banyak pengalaman yang bermanfaat serta menebar manfaat untuk masyarakat khususnya di wilayah Kepulauan Seribu seperti contohnya dalam kegiatan bakti sosial, sosialisasi informasi kepada masyarakat, serta penyuluhan. Salah satu kegiatan sosialisasi  informasi yang rutin dilakukan di akhir pekan selama bulan November-Desember 2017 oleh abang dan None Jakarta Kepulauan seribu, berhasil meningkatkan antusiasme penduduk sekitar terhadap informasi maupun ilmu yang dibagikan kepada sesama. Salah satunya adalah antusiasme masyarakat yang tinggi tentang lingkungan dan bahasa inggris.

 

Kegiatan Sosialisasi Abang None Jakarta Kepulauan Seribu

Minat masyarakat yang tinggi terhadap ilmu bahasa inggris dan lingkungan, membuat para finalis Abnon Seribu 2017 semakin antusias untuk terus melakukan kegiatan sosialisasi yang rutin dilakukan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara diskusi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) pada pulau-pulau yang dikunjungi.

Bersama dengan anak-anak usia sekolah serta asosiasi pemilik homestay, kami bersama-sama bertukar ilmu dalam kegiatan tersebut. Hal ini akan berdampak guna mempersiapkan penduduk Kepulauan Seribu saat akan bersosialisasi dengan wisatawan mancanegara.

Sejak tahun 2002, Pemilihan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu telah mencetak berbagai prestasi dan menghasilkan alumni yang berkualitas seperti Sheila Purnama, Haykal Kamil, Dea Annisa, Astry Novita, Randy Tanaya, dan lainnya. 

Kali ini, kami membuka kembali kesempatan bagi generasi muda untuk dapat menjadi bagian dari keluarga besar Abang None Jakarta Kepulauan Seribu dengan mendaftarkan diri secara online pada tautan http://bit.ly/daftarabnonseribu2018 ataupun melalui pendaftaran offline yang informasinya bisa didapatkan pada akun instagram @abnonseribu sebagai akun resmi kami.

Pendaftaran Abang None Jakarta Kepulauan Seribu telah dimulai sejak pertengahan Januari dan akan ditutup pada tanggal 9 Maret 2018. Tahap seleksi akan diselenggarakan pada tanggal 10 dan 11 Maret 2018 yang bertempat di Kantor Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Kepulauan Seribu.