Sukses

Tikus Peledak hingga Anjing Antitank, 7 Senjata Mematikan Perang Dunia II

Liputan6.com, Jakarta Dengan korban jiwa sekitar 50-70 juta, tak heran rasanya Perang Dunia II disebut sebagai konflik paling mematikan sepanjang sejarah. Perang yang terjadi pada tahun 1939-1945 ini melibatkan banyak negara yang membaginya menjadi dua kubu berseberangan.

Banyaknya korban jiwa yang jatuh pada Perang Dunia II tak lepas dari senjata yang digunakan. Beberapa senjata yang tercipta pada masa itu bahkan dijuluki sebagai senjata mematikan di dunia. Dilansir dari ListAmaze, ini dia.

1. Bom tikus

Dikenal juga sebagai tikus peledak, senjata ini biasa digunakan Eksekutif Operasi Khusus Inggris untuk melawan Jerman pada PD II. Tak hanya bangkai tikus yang diisi bahan peledak, terkadang tikus hidup juga digunakan untuk membuat kekacauan.

2. Silbervogel bomber

Pengebom roket ini dirancang sebagai pengebom sub-orbital. Senjata yang diciptakan pada akhir 1930-an ini juga dirancang serba lengkap dan kuat dengan tenaga roket. Tak heran, pembom berwarna perak ini dianggap sebagai salah satu paling mematikan sepanjang tahun 1940-an dan Perang Dunia II.

 

1 dari 3 halaman

3. Kapal Yamato Class

Kapal perang Jepang ini dianggap kapal perang paling kuat selama PD II dengan muatan penuh sekitar 72.000 ton. Senjata kapal ini mampu menembus apapun dalam jarak 42 km.

4. Anjing antitank Soviet

Pada tahun 1941, Uni Soviet menggunakan anjing terlatih untuk memerangi tank dengan menjatuhkan bom untuk diledakkan. Anjing-anjing tersebut diberi latihan intensif untuk menyeret bom ke tank yang ditargetkan.

5. Tank T-34

Pada zamannya, tank ini disebut sebagai yang terbaik di dunia. Tank ini mampu menangani berbagai medan seperti pegunungan dan hutan rimba. Tak hanya itu, tank T-34 juga memiliki senjata dengan kecepatan tertinggi. Ini membuatnya didaulat sebagai tank paling layak, sederhana, dan tangguh yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1941.

 

2 dari 3 halaman

6. Bom atom

Senjata ini merupakan penemuan terbesar dan paling mematikan sepanjang masa. Uji coba pertama dilakukan oleh Amerika Serikat untuk menyerang Hiroshima dan Nagasaki di Jepang.

Satu bom atom memiliki energi setara 10 juta TNT. Meski dampak ledakannya mengerikan, yang lebih mematikan dari bom atom adalah radiasi yang dihasilkan.

7. The V-2 Roket

Ini merupakan rudal balistik jarak jauh pertama yang dikembangkan oleh selama PD II. Diluncurkan secara vertikal, roket V2 menjadi roket pertama yang melintasi batas ruang.

Roket mematikan ini mampu bergerak secara vertikal sejauh 6 mil sebelum menembus jalan menjadi horisontal. Malahan, roket ini mampu membunuh lebih dari 9 ribu orang di sekitarnya.

 

Reporter: Rizky Mandasari

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Wajib Tahu, Ini Perbedaan cc dan bcc di Email
Artikel Selanjutnya
Punya 2 Unyeng-Unyeng di Kepala Berarti Anak Nakal, Apa Iya?