Sukses

Jokowi Blusukan ke Tanah Abang, Bos IMF Malah Blukusan

Jokowi mengajak Bos IMF Christine Lagarde blusukan ke Pasar Tanah Abang dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi memang terkenal dengan kegiatan blusukan ke pasar-pasar atau gang-gang sempit. Tujuan Presiden RI ini semata-mata agar dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat Indonesia.

Blusukan juga kerap dilakukan pria bernama lengkap Joko Widodo ini bersama tokoh-tokoh lain. Bahkan, tamu-tamu kenegaraan pun sering diajak blusukan.

Salah satunya, Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde yang tengah berkunjung ke Indonesia. Dia sempat diajak blusukan ke Pasar Tanah Abang bersama Jokowi.

Tak hanya sekadar blusukan, Bos IMF itu pun sempat membeli oleh-oleh buat suaminya, yakni sebuah baju koko seharga Rp 75 ribu.

Christine Lagarde pun membagikan momen ke Pasar Tanah Abang di akun Twitter-nya. Namun ada yang lucu, dia salah menulis kata 'blusukan' menjadi 'blukusan'.

"Saya mengadakan pertemuan sangat baik dengan presiden @jokowi dan dengan senang hati menemaninya dalam kunjungan blukusan (dadakan) di masyarakat," tulis Lagarde dalam status Twitter-nya pada Selasa, 27 Februari 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Warganet

Akibat hal ini, beberapa warganet pun menyampaikan tanggapan beragam. Ada dari mereka mencoba mengkoreksi ejaan salah tulis yang dilakukan lagarde.

"Blusukan, not blukusan, ma'am" kata warganet dengan nama akun @robkaer.

"It's not blukusan madam... but blukusan... made me smile," kicau warganet lain dengan akun @ciptoutomosan12

Ada juga warganet lain yang mengapresiasi kedatangan Lagarde ke Indonesia. Ia berharap Bos IMF tersebut bisa kembali mengunjungi Indonesia di lain waktu.

"Sangat baik Bu, Anda juga terlihat baik dan sangat rendah hati. Semoga Anda akan mengunjungi Indonesia di lain waktu," kicau akun @budi6619.

3 dari 3 halaman

Blusukan di Tanah Abang

Sebelumnya, Jokowi dan Lagarde yang tiba di Blok A langsung mendapatkan sambutan dari masyarakat di pasar tersebut. Tampak turut mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo. Jokowi mengaku sengaja mengajak Lagarde ke Pasar Tanah Abang untuk menunjukkan geliat sektor usaha kecil dan menengah di Indonesia.

"Sian‎g hari ini saya datang ke Pasar Tanah Abang untuk menunjukkan kepada Ibu Madame Christine Lagarde bahwa sektor usaha kecil, sektor usaha menengah, usaha mikro itu banyak sekali di negara kita Indonesia," ujar dia di Blok A Pasar Tanah Abang.

Sementara itu, Lagarde mengaku kagum dengan geliat dan aktivitas perdagangan yang ada di pasar tersebut. Bahkan, menurut dia, aktivitas di pasar ini menjadi salah satu motor penggerak ekonomi Indonesia.

"Saya kagum karena kekuatan industri tekstil, dan wanita yang bekerja di pasar ini, ini menunjukkan semangat dari ekonomi Indonesia," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.