Sukses

Tak Selalu Menyeramkan, 4 Gua Ini Indah dan Menyimpan Misteri

Liputan6.com, Jakarta Gua merupakan sebuah lubang alami bawah tanah yang gelap tanpa cahaya matahari dengan ukuran yang besar. Biasa digunakan untuk bersembunyinya para sekutu dari perang dan merupakan tempat tinggal nenek moyang kita dulu.

Tapi tahukah kamu bahwa beberapa negara memiliki gua yang unik dan indah. Dilansir dari anehtapinyata.com, ada beberapa gua yang unik. Apa dan di mana saja tempat gua tersebut?

 

1 dari 3 halaman

1. Mesa Verde

Gua ini terletak di Colorado, Amerika Serikat. Mesa Verde merupakan rumah atau pemukiman kuno yang berdiri di tebing daerah barat daya. Seperti rumah, gua ini terdiri dari 150 kamar yang ditempati masyarakat zaman dahulu.

Namun ada yang beranggapan mereka pindah karena gagal panen dan ada peperangan. Dan tempat ini diakui sebagai warisan arkeologi budaya di Amerika Serikat.

2. Matmata

Tempat bawah tanah ini merupakan sebuah pemukiman kuno di daerah gurun pasir di Tunisia. Daerah ini cukup gersang, maka dari itu bangunan ini dibangun dengan tujuan tempat untuk berlindung.

Suku tersebut membangun rumah di bawah tanah tersebut yang biasa disebut “Troglodyte”. Tempat ini juga pernah digunakan shooting film Star Wars.

2 dari 3 halaman

3. Sassi di Matera

Tempat ini terletak di provinsi Matera, Italia. Sassi di Matera yang berarti batu di Matera. Pada zaman dahulu gua tersebut dibuat sebagai tempat tinggal, namun telah direlokasikan menjadi sebuah tempat perdagangan.

Pada tahun 1960 pemerintah memberitahukan kepada masyarakat untuk pindah ke tempat yang lebih layak. Dari situ banyak masyarakat yang pindah tapi masih ada yang menetap di sana.

4. Kandovan

Nama gua ini juga diambil dari nama pedesaan di Azerbaijan Timur, Iran. Tempat yang cukup misterius, terdiri dari 4 lantai. Lantai paling bawah digunakan untuk kandang ternak, lantai dua dan tiga untuk tempat tinggal, dan lantai paling atas digunakan untuk menyimpan makanan. Suhu dalam ruangan ini sangat stabil, di mana saat musim dingin akan terasa hangat dan terasa sejuk saat musim panas.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Penemuan Gua Bawah Air Terbesar Ungkap Rahasia Masa Lalu Manusia