Sukses

UMM Jadi Perintis Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur

Liputan6.com, Malang Prestasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam bidang akademik kembali ditorehkan. Kali ini, program studi Kehutanan UMM mantap menjadi perintis Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI).

Bersama dengan 14 Perguruan Tinggi Negeri yang lain, UMM langsung bersinergi dengan Badan Kejuruan Teknik Kehutanan (BKTHut) sebagai salah satu dari 19 badan kejuruan di bawah Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Bertempat di Ruang Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, tiga dosen dari prodi Kehutanan UMM telah dikukuhkan menjadi Insinyur Profesional Madya (IPM) dan Insinyur Profesional Utama (IPU) oleh Dr. Ir. A. Hermanto Dardak MSc., IPU, Ketua Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Disaksikan oleh Rektor UMM, Fauzan ketiga dosen tersebut dikukuhkan bersamaan dengan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar MSc., IPU,  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

1 dari 3 halaman

Pengukuhan

Dengan pengukuhan menjadi Insinyur Profesional tersebut, Ir. Joko Triwanto, MP., IPU, Dr. Ir. Nugroho Tri Waskito, MP., IPM, dan Tatag Muttaqin, S.Hut., MSc., IPM, telah siap mengawal PSPPI bidang kehutanan di UMM. Selanjutnya, bersama dengan program studi lain di Fakultas Teknik UMM, PSPPI UMM akan mendidik para calon insinyur profesional selama dua semester. Secara bersamaan para calon insinyur tersebut akan berparaktek secara kolaboratif lintas kejuruan.

 

2 dari 3 halaman

PSPPI Kehutanan

“Kami optimis dalam mengemban amanah untuk melaksanakan PSPPI Kehutanan ini, demi mempersiapkan para lulusan yang profesional dalam bidangnya,” tandas Rektor UMM, Fauzan. Selaras dengan yang diungkapkan Fauzan, Ir.Joko Triwanto, MP., IPU, yang pada hari itu dikukuhkan menjadi Insinyur Profesional Utama menyatakan bahwa kedepannya semua tenaga kerja harus profesional dalam bidangnya masing-masing."Karena gelar profesi tersebut tidak hanya berguna bagi mereka yang bekerja pada sebuah institusi tetapi juga bagi mereka yang bekerja mandiri secara profesional," kata Joko.

Penulis:

Ade Chandra Sutrisna

Reporter Tim Humas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Mau Kuliah Luar Negeri? Kunjungi Pameran ICAN Education Gratis
Artikel Selanjutnya
BUMN Ini Buka Lowongan Kerja untuk Banyak Posisi, Anda Berminat?