Sukses

5 Penyakit yang Mengintai Mereka yang Sering Bergadang

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya pekerjaan kantor atau tugas kuliah seringkali memaksa kita untuk tidak tidur di malam hari. Akibatnya rasa kantuk akan datang menjelang pagi hari dan mengharuskan kita tidur di waktu yang tidak seharusnya. Ternyata hal ini bisa memicu berbagai penyakit mematikan akibat terganggunya organ tubuh saat tidur pagi. Berikut ini beberapa penyakit akibat tidur pada pagi hari.

1. Rawan Penyakit Kanker Darah

Kadar darah putih akan meningkat dua kali lipat saat tidur pagi. Hal ini bisa menyebabkan tubuh rawan terkena penyakit kanker darah. Selain itu, tingginya kadar sel darah putih dalam tubuh juga meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara, terutama pada wanita pasca-menopause.

1 dari 3 halaman

2. Penyakit Diabetes

Ketika tidur pagi, sistem metabolisme dalam tubuh akan menurun. Ketika ini terjadi, maka akan berpengaruh pada proses kerja organ tubuh seperti mengatur kadar gula. Akibatnya gejala penyakit diabetes akan semakin dekat dengan orang yang tidur lebih lama dari waktu yang seharusnya.

3. Penyakit Jantung

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nurses Health Study pada 72.000 wanita Amerika menunjukkan, bahwa ketika seorang wanita tertidur terlalu lama hingga pagi hari, risiko terkena penyakit jantung 38 persen lebih tinggi. kondisi ini diperparah jika seseorang makan malam sebelum tidur, karena lambung membutuhkan waktu empat jam untuk mencerna makanan.

2 dari 3 halaman

4. Sakit Kepala

Ketika tidur pagi, waktu yang kita gunakan untuk tidur lebih banyak. Tentu hal ini akan mempengaruhi kondisi kepala yang mudah pusing. Hal ini disebabkan oleh cairan serebrospina yang mengalir ke otak, sehingga ketika kita tidur lebih lama, cairan tersebut akan terus mengalir dan menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini akan semakin parah jika kita mengkonsumsi obat tidur.

5. Risiko Kematian

Sering tidur pagi bisa memicu banyak penyakit mematikan dalam tubuh. Jika ini terjadi, tentu akan menyebabkan penyakit komplikasi dan semakin meningkatkan risiko kematian bagi seseorang. Meskipun belum dilakukan penelitian secara resmi, namun beberapa penyakit yang disebabkan akibat tidur pagi seperti jantung dan kanker yang sulit disembuhkan, akan semakin mendekatkan kita dengan kematian.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Jangan Kaget, Arang Punya 5 Manfaat untuk Merawat Kecantikanmu
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Tanpa Sadar Jadi Penyebab Rusaknya Rambutmu