Sukses

Terlahir Seberat 400 Gram, Bayi Mungil Ini Mampu Bertahan Hidup

Seorang baru lahir di India menjadi sorotan publik setelah dianggap sebagai salah satu bayi terkecil yang bisa bertahan hidup.

Liputan6.com, India - Seorang bayi baru lahir di India menjadi sorotan publik setelah dianggap sebagai salah satu bayi terkecil yang bisa bertahan hidup.

Manushi lahir 12 minggu sebelum waktunya setelah ibunya mulai mengalami komplikasi. Maka tak heran jika bayi itu terlahir hanya seberat 400 gram.

Melansir Online Daily, dokter mengatakan bahwa Manushi yang lahir pada 15 Juni tumbuh dengan baik. Otaknya secara struktural normal dan matanya berkembang dengan normal.

Bayi terkecil (MEGA/Newslions)

Orangtuanya sangat bahagia setelah mengetahui bahwa bayi mungilnya bisa bertahan hidup, dan bisa dipulangkan dari rumah sakit saat usianya enam bulan.

Ibu bayi itu, Seeta (48) dan suaminya, Giriraj (50) mengatakan bahwa lahirnya Manushi adalah keajaiban kehidupan mereka. "Dia baru saja bertempur dan melawan segala rintangan. Tapi dia berhasil melakukannya," kata Giriraj.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tindakan Dokter

Dr Sunil Janged, kepala neo-natalogis mengatakan, ketika itu tim medis memutuskan untuk mengambil tindakan saat tekanan darah Seeta tinggi, yang berarti Manushi dalam bahaya. Tapi mereka tidak yakin dengan apa yang akan terjadi nanti.

"Dia sedang berjuang untuk bernapas. Jadi kami segera memasang alat bantu pernapasan untuk memperluas paru-parunya yang kecil dan belum matang," kata dr Sunil.

Ketika dia lahir pada usia 28 minggu, bayi itu hanya berumur 8,6 menit, tidak bernapas dan memiliki organ yang kurang berkembang. Namun, pada usia tujuh minggu, dia mulai bisa mengonsumsi susu. Hebatnya, kini berat badan Manushi mencapai 23 kg.

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.