Sukses

Wajib Tahu, Ini 10 Racun Paling Mematikan bagi Manusia

Liputan6.com, Jakarta Istilah racun biasanya menimbulkan ketakutan pada manusia. Ada banyak tumbuhan beracun, hewan, maupun makanan yang harus dijauhi bila tak ingin keracunan.

Namun demikian, ada 10 racun paling mematikan di dunia di antara semua racun tersebut. Melansir dari Wittyfeed, ini dia.

1. Botulinum

Dianggap paling beracun di antara semua racun di dunia, tak banyak yang mengetahui bahwa racun ini banyak digunakan dalam prosedur kosmetik seperti botox. Meski tak bisa membunuh dalam keadaan terisolasi, satu sendok teh botulinum bisa membunuh sekitar 1,2 miliar orang. Kontak dengan racun ini dapat membuat Anda mengalami lemah otot, penglihatan kabur, berbicara tanpa kendali, dan kematian.

2. Amatoksin

Ditemukan di beberapa jamur yang paling beacun, amatoxin adalah salah satu racun paling mematikan yang diketahui manusia. Racun ini langsung menyerang hati dan ginjal dan membuat orang yang menelan racun ini koma. Tak mungkin sembuh, kematian akan menyusul beberapa hari setelah seseorang menelan racun ini.

 

2 dari 5 halaman

3. Sianida

Sebagian besar orang sadar akan kuat dan efek fatal sianida bagi manusia. Bahkan dalam dosis kecil, racun ini dapat membawamu kepada kematian dalam hitungan menit. Saat dikonsumsi, sianida berikatan dengan zat besi dalam darah dan menghambat peredaran oksigen, menyebabkan kematian seketika.

4. Merkuri

Satu tetes merkuri di tangan atau inhalasi uapnya bisa terbukti berbahaya. Racun merkuri dapat langsung menyerang paru-paru dan sistem saraf sehingga mematikan sistem saraf sepenuhnya.

 

3 dari 5 halaman

5. Ricin

Racun alami ini diekstraksi dari biji minyak jarak. Ini bisa masuk ke tubuh manusia lewat inhalasi, suntikan, atau konsumsi. Ini menghambat kemampuan tubuh Anda untuk membuat protein daengan menghambat sel untuk merakit asam amino yang diperlukan. Ujung-ujungnya membuat tubuh menjadi shock dan menyebabkan kematian.

6. Sarin

Ini merupakan racun lain yang sangat mematikan dan berbahaya. Dalam satu kasus, sarin digunakan di kereta bawah tanah Tokyo dalam seragan teroris. Gas saraf ini bisa menyebabkan hidung meler dan sesak di dada yang kemudian berujung tak bisa bernapas. Dalam hitungan detik, racun ini membuat tubuh tak berfungsi dan menyebabkan kematian.

 

4 dari 5 halaman

7. Strychnine

Zat pahit ini biasanya diekstraksi dari beberapa pohon yang ditemukan di India dan Asia Tenggara. Zat putih yang tak berbau ini dapat dihirup atau diberikan secara oral. Dalam kedua kasus tersebut, hal ini dapat menyebabkan kontraksi pada otot leher dan kepala. Kontraksi ini segera menyebar di otot-otot bagian tubuh lain yang menyebabkan sesak napas dan bisa menghilangkan nyawa hanya dalam setengah jam.

8. Tetrodotoxin (TTX)

Racun ini biasa ditemukan dalam ikan buntal yang dengan pengolahan tepat, dapat dimakan sebagai sushi. Konsumsi TTX dapat menyebabkan serangkaian gejala secara berurutan, mulai dari kelumpuhan mulut, masalah saat menelan, diikuti oleh masalah saat berbicara dan koordinasi. Kejang-kejang akan membuat Anda berujung ke koma dan akhirnya menyebabkan kematian.

 

5 dari 5 halaman

9. VX

Gas yang sangat beracun dan mematikan ini tak memiliki kegunaan selain digunakan dalam perang kimia. VX telah dilarang oleh Konvensi Senjata Kimia pada tahun 1993, tapi militer beberapa negara secara diam-diam menimbunnya. Setetes VX pada kulit yang terpapar dapat menyebabkan kematian.

10. Antraks

Sangat mematikan, antraks biasanya masuk ke tubuh manusia lewat pernapasan. Penularan antraks menimbulkan gejala yang menyerupai flu yang menyebabkan kematian pada akhirnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: