Sukses

3 Penemuan Kuno dari Siberia Ini Bisa Bikin Anda Melongo

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara pasti memiliki cerita sejarah yang berbeda-beda. Penemuan-penemuan kuno ataupun budaya dan kesenian memberikan gambaran kepada suatu bangsa tentang sejarah negaranya. Selain itu, latar belakang yang sama membuat bangsanya menjadi satu kesatuan yang utuh dan membentuk ciri khas dari negara tersebut.

Tak terkecuali Indonesia, penemuan kuno seperti candi-candi dan prasasti menggambarkan bagaimana kehidupan dahulu. Bahasa yang beragam juga memberikan ciri khas Indonesia sebagai salah satu negara dengan bahasa daerah terbanyak.

Dan perlu Anda ketahui, tidak hanya Indonesia, Siberia juga ternyata memiliki penemuan-penemuan kuno yang mungkin dapat membuat Anda melongo. Bukan tanpa alasan, sebagai pemilik wilayah terluas di Rusia, Siberia pasti menyimpan banyak cerita sejarah di dalamnya.

Lalu penemuan-penemuan seperti apakah itu? Berikut ulasannya.

1. Kerangka Manusia yang Sedang Menari

Terdapat sebuah penemuan unik yang jarang ditemukan di daerah Krai Primorsky, Rusia. Penemuan tersebut adalah sebuah kerangka manusia yang tampak sedang menari. Para arkeolog menemukan makamnya pada tahun 2017 dan menamai kerangka manusia itu dengan sebutan Mikhail.

Diperkirakan Mikhail dikubur di makam tersebut dengan keadaan kaki dan tangan yang terikat serta lutut yang terbuka, sehingga membentuk postur tubuh yang aneh layaknya sedang menari. Itulah alasan mengapa dikatakan sebagai kerangka manusia yang sedang menari.

1 dari 3 halaman

2. Lubang Raksasa Misterius di Daerah Tundra

Lubang raksasa yang ditemukan di Yamal, Rusia Utara merupakan salah satu kawah paling misterius yang pernah ditemukan. Kawah tersebut ditemukan di suatu tempat yang disebut Tundra Arktik, Siberia. Tundra merupakan suatu daerah yang pertumbuhan pohonnya terhambat akibat rendahnya suhu lingkungan. Tundra juga biasa disebut sebagai daerah tanpa pohon.

Sempat banyak isu mengenai timbulnya kawah tersebut, seperti pendaratan alien ataupun ujicoba peluru nuklir. Akhirnya kini misteri tersebut dapat terpecahkan setelah peneliti menemukan gas metana yang terdapat di dalam lubang raksasa tersebut. Para ahli mengatakan di dalam tanah terdapat air yang membeku atau es, karena adanya massa gas metana yang terperangkat didalam es tersebut mengakibatkan ledakan yang akhirnya membentuk lubang raksasa.

2 dari 3 halaman

3. Petroglif Kara-Turug

Di perbatasan antara Rusia dan Mongolia ditemukan Petroglif Kara-Turug yang menakjubkan. Petroglif adalah gambar yang dibuat dengan mengukir di permukaan batu. Benda tersebut berisikan rahasia besar tentang Siberia kuno. Ada lebih dari 500 petroglif yang berumur antara 4000 tahun, sampai ada yang berasal dari sekitar akhir abad pertama masehi.

Semua petroglif yang terdapat di Gunung Dus-dag, Tuva itu mencakup berbagai peradaban yang berbeda-beda. Karena setiap manusia yang tinggal disana membuat ukiran batu (petroglif) sebagai tanda kehadiran mereka dan menandakan bahwa mereka pernah tinggal di wilayah tersebut.

Kehidupan manusia di sana tidak menetap, melainkan berpindah-pindah. Setiap manusia yang baru datang ke tempat itu tidak merusak peninggalan sebelumnya. Hal itulah yang menyebabkan terdapat banyak sekali pertoglif dengan umur yang berbeda-beda. Berkat itu pula gambaran kehidupan peradaban yang berturut-turut dapat terlihat lewat petroglif tersebut.

Selengkapnya, baca langsung di: http://gangkutu.blogspot.co.id/2017/12/penemuan-kuno-dari-siberia.html

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Sains Misterius yang Bikin Bingung Para Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
5 Teknologi Modern Ini Ternyata Sudah Ditemukan Para Leluhur