Sukses

Merah Putih Berkibar Lagi di Puncak Tertinggi Benua Eropa

Kali ini, anak bangsa mengibarkannya di puncak Gunung Elbrus yang memiliki ketinggian 5.462 meter.

Liputan6.com, Moskow - Kemeriahan perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-72 juga terasa hingga ke puncak tertinggi di Benua Eropa. Pendaki asal Indonesia berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di titik tertinggi ke-10 di dunia itu.

Ini disampaikan oleh salah satu pendaki Indonesia, Ade Wahyudi, yang saat ini sedang berada di Terskol, tepatnya di kaki Gunung Elbrus. Gunung dengan ketinggian 5.642 meter ini merupakan salah satu dalam jajaran the 7 summits.

Pria yang baru saja mendampingi salah satu tim Indonesia ke negeri beruang merah ini mengatakan, banyak tim dari Indonesia datang untuk mendaki puncak salju Gunung Elbrus. Pada saat yang bersamaan, mereka ingin merayakan hari kemerdekaan RI ke-72 dan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tertingginya.

Para pendaki Indonesia itu berjumlah sekitar 30 orang dan berasal dari beberapa organisasi serta kalangan penggiat alam. Sebut saja Mapala UI, Impala Unibraw, Aranyacala Trisaki, Stapala STAN, Indonesia Spartan, Pramuka, dan lainnya.

Ade yang tergabung dalam Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) dan anggota Mapala UI ini sudah tiga kali mendaki ke Elbrus. Ia mengatakan bahwa cuaca saat melakukan pendakian ke puncak cukup bersahabat di pagi hari sampai siang hari saat berada di puncak, setelahnya memang cenderung angin, kabut, dan turun hujan salju yang menghambat perjalanan turun karena jarak pandang yang terbatas.

Pendakian dari kaki Elbrus sampai ke puncaknya bisa memakan waktu sekitar seminggu termasuk proses aklimatisasi. Beberapa pendaki jg tidak sedikit yang memutuskan untuk turun dan tidak melanjutkan sampai ke puncak. Keberhasilan mereka mengibarkan merah putih adalah salah satu kado terindah untuk Indonesia.

Penulis:

Ade Wahyudi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.