Sukses

Viral, Video Pengendara Motor Nekat Lawan Arah Masuk Busway

Belasan pengendara sepeda motor nekat melawan arah dan masuk ke dalam jalur bus Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan memang tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat Ibu Kota. Maka tak heran jika sebagian masyarakat Jakarta lebih memilih untuk menggunakan layanan transportasi umum agar terhindar dari kemacetan, salah satu menggunakan bus Transjakarta. 

Bus Transjakarta sendiri memiliki jalur khusus yang memang tidak boleh dilalui oleh pengendara umum. Jalur tersebut hanya boleh dilalui oleh ambulans, mobil pemadam kebakaran, mobil dinas berpelat RI, serta bus Transjakarta itu sendiri. 

Namun, kemacetan yang terjadi di Jakarta nampaknya membuat para pengendara kendaraan pribadi tak jarang nekat untuk melalui jalur khusus tersebut. Seperti apa yang terjadi dalam video yang diunggah oleh pemilik akun Instagram @citra_piencie.

Dalam video tersebut terlihat belasan pengendara sepeda motor berada di depan bus Transjakarta. Beberapa di antara pengendara sepeda motor yang berada di jalur tersebut, tetap memaksa melewati bus Transjakarta yang berada di depan mereka melalui celah sempit yang ada di antara bus dan batu pembatas jalur khusus tersebut.

Sementara, beberapa pengendara lainnya memilih untuk mengalah dengan bergotong-royong mengangkat sepeda motor mereka melewati batu pembatas jalur bus Transjakarta yang cukup tinggi.

Masyarakat pengguna bus Transjakarta yang berada di dalam bus itu juga tampak kesal dengan tindakan para pengendara motor. Hal itu dapat diketahui melalui suara perempuan yang terdapat dalam video. Seorang perempuan menyarankan supir bus untuk jangan memberikan jalan kepada para pengendara motor yang berada di depan bus tersebut.

"Jangan, biarin aja, enggak usah kasih jalan!" katanya.

Kemacetan di Ibu Kota memang seringkali membuat para pengendara kendaraan pribadi nekat melanggar aturan lalu lintas. Namun, mereka juga perlu mengetahui bahwa tindakan-tindakan tersebut tidak hanya akan membahayakan keselamatan diri mereka sendiri, tapi juga keselamatan pengguna jalan lain.

Penulis:

Christanto

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.