Sukses

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Virus WannaCry

Bagaimana kalau kamu sudah terlanjur terkena serangan ransomware WannaCry tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Virus komputer bernama ransomware WannaCry memang kini sedang fenomenal. Namun, bagaimana kalau kamu sudah terlanjur terkena serangan ransomware WannaCry tersebut? Kini kamu tak perlu khawatir karena kami akan memberikan solusi untuk kamu yang sudah terkena virus ini. 

Sebelum lebih jauh, hingga detik artikel ini ditulis belum ada cara untuk mendekripsi WannaCry. Atau mudahnya, belum ada cara untuk menyelamatkan data kamu. Cara ini lebih ditujukkan untuk menghilangkan virus, lalu memakai kembali komputer yang terinfeksi. Berikut ulasannya.

1. Format dan instal ulang Windows

Kita mulai dari cara yang mudah dahulu, yaitu dengan format dan instal ulang. Cara ini lebih direkomendasikan.

Semua data-data kamu terenkripsi dan tidak bisa diselamatkan, jadi dihapus saja sekalian. Ditambah lagi dengan melakukan instal ulang, sekaligus akan membuat performa komputer kamu terasa baru. Virus hilang, komputer seperti baru, caranya mudah pula. 

2. Menghapus atau membasmi virus WannaCry

Apabila kamu ingin tetap memiliki data kamu yang terenkripsi. Kami tidak merekomendasikan cara ini. Pertama rumit, kedua belum tentu suatu saat ada cara mendekripsi atau menyelamatkannya. Namun, kalau kamu tetap mau dan berharap suatu saat data kamu bisa diselamatkan, ini dia langkah-langkahnya.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini