Sukses

Jalapatih II, Kegagahan Kapal Bertenaga Surya Karya ITS Surabaya

Kegagahan Jalapati 2, juarai utch Solar Challenge (DSC) 2016 di Belanda.

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa Jurusan Teknik Sistem Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menunjukkan kegagahannya dengan mengeluarkan modifikasi terbarunya yaitu Jalapatih II dalam acara Dutch Solar Challenge (DSC) 2016 di Belanda.

Dilansir dari laman its.ac.id, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berhasil memodifikasi Kapal Bertenaga Surya yang sebelumnya bernama Jalapatih. Jalapatih II dirancang dengan manajemen sistem baterai khusus yang mampu memfokuskan energi tenaga surya agar lebih efisien.

Pada seri keduanya, kapal sepanjang lima meter ini dilengkapi dengan tiga lambung. ''Sebelumnya hanya satu, ini dilakukan agar kapal lebih stabil,'' ujar Ginanjar Basuki atau yang akrab disapa Gibas, ketua tim Solar Boat Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Upaya untuk meningkatkan kestabilan kapal yang lebih baik pun membuat tim yang beranggotakan 18 orang ini melakukan modifikasi pada sistem baterainya.

Bahkan, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti menjuluki kapal Jalapatih generasi kedua (Jalapatih II) ini sebagai kapal masa depan. "Ini (Jalapatih II, -red) merupakan desain transportasi laut masa depan untuk Indonesia," ujarnya.

Susi juga memberikan masukan kepada tim Solar Boat Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), pemasangan panel pada tubuh kapal Jalapatih II ini seharusnya diletakan pada bagian atas penumpang, sehingga kapal ini dapat mengangkut banyak penumpang.

Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti saat menyampaikan orasi ilmiahnya kepada tim Solar Boat ITS. Foto: its.ac.id

Namun, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan dibuat kapal bertenaga surya dengan kapasitas lebih dari satu penumpang. Selain itu, tim enginner Solar Boat Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) akan bekerja sama dengan pembuat mobil listrik nasional, Ricky Elson.

Menariknya, Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia mengajak Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) untuk bekerja sama menyumbangkan ide dan pemikirannya dalam proyek pembuatan 4.000 perahu nelayan. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: SEREEM! Wanita Ini Hadiri Pemakamannya Sendiri. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Penulis

Feny Sasmitha - Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini