Sukses

5 Kisah Donor Organ Paling Mengharukan yang Pernah Terjadi

Orang-orang ini dengan besar hati menolong mereka yang membutuhkan donor organ. Bagaimana kisah mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang ini dengan senang hati memberikan salah satu organ tubuhnya untuk orang yang membutuhkan. Dan hasilnya begitu luar biasa, mereka yang membutuhkan akhirnya selamat dan bisa merasakan kehidupan yang lebih lama lagi. Sebagai tanda balas jasa sebagian dari mereka ada yang membalas dengan cinta dan menjadikan mereka yang tak dikenal sebagai seorang yang sangat spesial. 

Seperti apa, berikut adalah lima kisah donor organ tubuh paling mengharukan di dunia? Ini dia:

1. Kisah Donor Hati yang Dibalas Dengan Cinta

Kisah donor paling dramatis dan menggemparkan pertama datang dari seorang wanita yang oleh dokter telah didiagnosa mengidap kanker hati stadium 4. Wanita bernama Heather Krughter diberitahu jika ia hanya punya waktu beberapa bulan saja untuk bisa hidup. Adapun jalan terbaik untuk memperpanjang umur doi adalah dengan melakukan transplantasi hati.

Namun semua tidak bisa dilakukan dengan mudah. Untuk bisa melakukan transpalantasi hati, diperlukan donor hati dari sumbangan lembaga pemerintah yang tidak bisa didapatkan dengan mudah. Tentu dokter sangat kebingungan dan menyarankan keluarga Heather untuk mencari orang lain yang bersedia menyumbangkan hatinya.

Dengan segala pengorbanan dan juga mungkin keberuntungan, akhirnya ada seseorang yang bersedia melakukan transpalantasi hati kepadanya. Adalah seorang petugas polisi bernama Chris Dempsey yang dengan tangan terbuka mau melakukan transpalantasi hati.

Ia mengetahui kisah Heather ketika sang sepupu membicarakan tentang kesehatan saudaranya itu dan mengatakan betapa ia butuh seorang donor. Tanpa pikir panjang, sang polisi pun bersedia melakukan donor itu. Padahal polisi itu dan Heather tidak kenal sama sekali.

Keajaiban terjadi. Ketika dokter memeriksa kesamaan antara Dempsey dan Kruger, hasilnya cocok. Akhirnya transpalantasi hati pun bisa dilakukan. Transpalantasi hati pun berhasil dilakukan, operasi sukses, dan separuh hati milik Kruger diambil untuk didonorkan kepada Heather.

Seiring berjalannya waktu, setelah Heather sembuh, ia dan si pendonor semakin dekat. Akhir Desember tahun lalu, pria itu melamar Heather. Tanpa panjang pikiran, wanita yang pernah diselamatkan itu menerima dengan senang hati. Sungguh kebaikan yang tak ternilai harganya bukan?

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini