Sukses

Humor Mukidi Pernah Nge-Hits di Radio Anak Muda

Liputan6.com, Jakarta Mencuatnya humor Mukidi membuat netizen haus rasa ingin tahu akan sosok di balik penulis Cerita Mukidi. Humor-humor dalam Cerita Mukidi mulanya tersebar melalui aplikasi perpesanan seperti BBM, WhatsAap, Telegram, LINE dan lain sebagainya. Belakangan diketahui, humor-humor itu bersumber dari blog yang beralamatkan di ceritamukidi.wordpress.com.

Namun ternyata, menurut pengakuan pencipta Cerita Mukidi, Soelastyo Moechlas humor itu sebenarnya pernah nge-hits pada tahun 90-an, di saluran radio anak muda, Prambors FM. "Waktu itu saya rutin kirim SMS humor Mukidi ke Radio Prambors dan langsung dibacain," ujar penulis Cerita Mukidi yang akrab disapa Pak Yoyok.

Yoyok mengaku menulis Cerita Mukidi saat ia berangkat kerja. Setelah acara radio ditiadakan, pada tahun 2010, Yoyok kemudian mengabadikan Cerita Mukidi ke dalam buku berjudul Laskar Pelawak: Balada Mukidi dan Wakijan.

"Tapi bukunya saya edit sendiri, cetak sendiri, terbitin sendiri, dan saya edarkan sendiri," ujar Yoyok diikuti tawanya yang khas.

Baru pada tahun 2012, Yoyok memutuskan membuat blog dengan nama ceritamukidi.wordpress.com. Ia memosting sebagian dari Cerita Mukidi yang telah dibukukan. "Saya sendiri heran mengapa baru nge-hits sekarang. Ya semoga ada publisher yang melirik buku saya," harapnya disusul tawa yang meledak.

Yoyok tak keberatan jika Cerita Mukidi dikutip dan diedarkan lewat aplikasi perpesanan dan media sosial. Bisa membuat orang tertawa, Yoyok sudah cukup senang. Dan nyatanya, humor-humor dalam Cerita Mukidi menghibur dan disukai netizen Indoensia.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6