Sukses

6 Hal Ini Terlarang Dilakukan Saat di Pesawat Versi Pramugari

Citizen6, Jakarta - Menaiki pesawat sama saja dengan menitipkan separuh nyawa Anda pada kru pesawat. Tentu saja, sangat baik bila Anda bisa bekerja sama dengan kru pesawat. Ketimbang merepotkan mereka, ada baiknya Anda mengetahui apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan saat pesawat belum berangkat, selama dalam perjalanan, maupun ketika pesawat mendarat.

Pramugari Nuralia Mazlan yang juga seorang penulis di Quora, menjelaskan hal-hal penting itu. Apa saja? Ini dia.

1. Saat naik pesawat

Bila selama dalam perjalanan Anda harus memakai bantal leher, headphone, laptop, sebaiknya mengambil barang-barang tersebut setelah semua penumpang duduk di kursi masing-masing. Jangan lakukan hal tersebut pada saat antrean panjang saat penumpang lain tengah berusaha untuk menuju ke kursi mereka masing-masing.

Anda akan memblokir jalan dan mengganggu antrean menuju tempat duduk. Lebih baik lagi, lakukan hal itu sebelum masuk ke pesawat. Mengambil apapun yang Anda butuhkan selama dalam perjalanan hanya akan membuat Anda mengobrak-abrik tas.

2. Saat pesawat bersiap-siap lepas landas

Jangan agresif dengan awak pesawat. Jika Anda memiliki masalah, bertanyalah dengan sopan. Boarding merupakan waktu puncak di mana semua orang melakukan banyak hal sekaligus. Bila penumpang tidak bisa bekerja sama dengan awak pesawat, lebih mudah untuk memanggil aparat keamanan untuk mengamankan penumpang yang merepotkan ketimbang merugikan seluruh penumpang di dalam pesawat.

- 

3. Saat dalam perjalanan

Jangan menghalangi gang di pesawat. Lorong pesawat haruslah bebas dari halangan setiap saat untuk mencegah cedera yang tak terduga. Orang lain bisa terjatuh karena kaki Anda atau tas yang Anda letakkan sembarangan di gang.

Jangan melakukan tindakan yang tidak bermoral. Bila Anda memesan minuman beralkohol, jangan terlalu mabuk dan membuat Anda lupa diri lalu mengganggu penumpang lainnya. Anda tentu tidak ingin dijemput aparat keamanan saat mendarat.

4. Saat mendarat

Seberapa buru-burunya Anda, Anda harus tetap di tempat saat tanda sabuk pengaman masih menyala. Bila ada penumpang terluka atau tidak sehat dan mesti diprioritaskan, berikan kesempatan untuknya. Jangan egois.

Tetaplah di tempat duduk sampai kapten membolehkan penumpang untuk berdiri. Ada kalanya, pesawat mengerem mendadak saat di landasan. Jangan sampai Anda terlempar karena tidak mengindahkan peraturan.

Beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan:

5. Jangan membuat ancaman atau bercanda tentang pembajakan atau membawa bom. Anda hanya akan menemui masalah karenanya.

6. Jangan menjadi orang yang menyalakan lampu atau membuka jendela untuk matahari pagi sementara orang lain sedang tidur di penerbangan malam hari.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6