Sukses

Uniknya Raspberry Pi, Komputer yang Bisa Masuk Saku

Apa saja yang bisa dilakukan komputer saku sebesar kartu kredit dan seberat 45 gram?

Citizen6, Jakarta Saat memilik anak yang beranjak dewasa, pertanyaan ini bisa saja merepotkan Anda. Apa yang harus dilakukan ketika anak usia sekolah dasar berumur 9 tahun membutuhkan perangkat komputer sederhana, ringan dan mudah dibawa ke sekolahnya? Eben Upton, peneliti di Laboratorium Komputer University of Cambridge, Inggris menjawabnya dengan solusi : komputer saku. Benda seukuran kartu kredit seberat 45 gram ini kemudian dibaptis dengan nama Raspberry Pi. Kini komputer saku telah menyebar ke seluruh dunia dan dipakai untuk beragam keperluan.

Seperti dilansir dari raspberrypi org, Eben Upton kemudian dibantu  Rob Mullins, Jack Lang dan ahli komputer lain mulai merintis proyek pengembangan komputer saku Raspberry Pi ini.  Sejak diproduksi secara massal 2009, hingga kini komputer saku mungil tersebut telah terjual lebih dari 2,5 juta unit ke seluruh dunia.

Seperti apa kecanggihan komputer saku ini? Simak artikel selanjutnya di tautan berikut ini.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini