Sukses

Jenius, Gadis Ini Ciptakan Drone untuk Jelajahi Laut

Citizen6 - Kepopuleran drone memang makin meningkat dari tahun ke tahun. Meski penggunaan drone sudah dibatasi di berbagai tempat, tapi drone masih menjadi teknologi paling canggih untuk mengambil atau mengabadikan gambar dari ketinggian.

Selama ini banyak orang yang beranggapan jika drone hanya dapat terbang di udara. Namun, baru-baru ini seorang gadis asal India mengejutkan banyak orang karena ia menunjukkan hasil ciptaannya, yakni sebuah drone yang dapat digunakan di dalam air.

Seperti dilansir buzzingwheels.com, Selasa (2/2/2016), Sampriti Bhattacharya menciptakan sebuah drone bawah air yang dapat memetakan lantai samudera dan menjelajahi laut, di mana GPS pun tak dapat bekerja.

 

 

Perempuan berusia 28 tahun ini adalah seorang sarjana PhD di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Drone yang diberi nama Hydroswarm ini diciptakan sebagai bagian dari tesis penelitiannya.

"Navigasi underwater telah menjadi kenyataan selama bertahun-tahun, tapi untuk pencarian lanjutan membutuhkan peta, seperti peta Google," jelas Sampriti.

Perempuan yang telah tujuh tahun merantau untuk melanjutkan pendidikannya ini memang ingin menciptakan robot bawah air, karena tidak ada cara mudah untuk mempelajari dasar laut.

"Maka drone saya dapat membantu untuk dapat memetakan laut, dapat melihat benda-benda terkecil yang hidup maupun mati. Kalian bahkan dapat memetakan polusi air dengan bantuan pesawat tak berawak ini," lanjutnya.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6