Sukses

Menjelajahi 3 Surga Tersembunyi di Sumatera Utara

Citizen6, Jakarta Bagi seorang pelancong sejati, mengunjungi banyak tempat dapat memberikan kepuasan tersendiri. Terlebih bila tempat tersebut belum banyak terekspos, masih alami, serta belum terjamah. Sumatera Utara bisa menjadi pilihan untuk para pelancong yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih alami dan menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Provinsi ini berada di bagian barat Indonesia ini memiliki wilayah seluas sekitar 72.981 kilometer persegi. Provinsi yang terdiri atas 25 kabupaten dan 8 kota ini tak hanya kaya akan kuliner dan seni, tetapi juga memiliki sejuta tempat wisata yang menarik.

Selama ini jika mendengar Sumatera Utara, yang mungkin terlintas di pikiran banyak orang hanyalah Danau Toba. Padahal, masih banyak tempat wisata lain yang tak kalah keren dibanding Danau Toba. Bagi para pelancong, tempat-tempat berikut wajib Anda kunjungi jika sedang berada di Sumatera Utara.

1. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Tempat wisata ini terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kawasan wisata ini dapat ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam dari Kota Medan. Meski berada di pelosok, keindahan bukit kapur dan aliran air panas Kawah Putih Dolok membuat kawasan ini seperti diselimuti salju.

Sumber air panas yang mencapai suhu 900 derajat yang mengaliri kawah ini membuat batuan kapur yang ada di sekelilingnya menjadi berundak-undak seperti salju. Namun karena yang mengalir adalah air panas, orang-orang menyebutnya dengan salju panas.

2. Kolam Air Soda, Tarutung

Bagi seorang traveler sejati pergi mengunjungi banyak tempat dapat memberikan kepuasan tersendiri.

Kolam Air Soda Tarutung merupakan sebuah keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh Sumatera Utara karena hanya ada dua di dunia. Satu di Venezuela dan satunya ada di Desa Parbubu Tarutung, Sumatera Utara. Jika selama ini kita mengenal wisata permandian air panas, maka di sini kita akan disajikan pemandangan yang berbeda. Sensasi mandi di permandian air panas tentu berbeda dengan air soda.

Di kawasan ini kita bisa merasakan sensasi tersendiri mandi di dalam air soda. Rasa cukup unik dan aneh karena ketika kita mandi dari bawah tekanan soda seperti mengangkat tubuh ke atas. Selain air soda, kawasan ini juga menyuguhkan kesejukan udara dan pemandangan hamparan sawah di sekeliling permandian. Siapa pun yang datang akan betah berlama-lama di tempat ini.

3. Gunung Sorik Merapi

Terletak di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Gunung Sorik Merapi merupakan sebuah gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Sorik Merapi merupakan gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian 2.145 mdpl. Sekilas gunung ini terlihat sama saja dengan gunung berapi lainnya. Namun di balik itu Sorik Merapi menyimpan keindahan luar biasa.

Ada dua objek wisata yang menarik di kawasan ini. Yang pertama kawah Sorik Merapi. Tepat di kawah Sorik Merapi terdapat genangan air panas yang mengandung balerang. Masyarakat setempat menyebutnya Danau Sorik Merapi. Danau ini merupakan danau tertinggi yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Objek wisata lainnya adalah hutan hujan Batang Gadis. Selama perjalanan mendaki puncak Sorik Merapi, Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang masih alami. Selain itu, berbagai macam flora dan fauna yang sudah jarang Anda lihat, mungkin dengan mudah akan Anda temukan di sini. (*)

Penulis:

Hizarani Lailan Saadah Sihombing

Mahasisiwi Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro