Sukses

4 Kuliner yang Hanya Bisa Ditemui di Bumi Reog, Ponorogo

Citizen6, Jakarta Ponorogo merupakan salah satu daerah di jawa timur yang dikenal dengan julukan kota reog atau bumi reog. Selain itu ponorogo juga dikenal dengan julukan kota santri karena memiliki banyak pondok pesantren, salah satu yang terkenal adalah pondok modern Darussalam yang terletak di desa gontor. Ponorogo menyimpan banyak makanan khas yang patut anda cicipi, apa saja kuliner ponorogo yang mantap di lidah? Berikut ini informasinya.

1. Sate Ayam Ponorogo

Siapa yang tak suka dengan sate ayam, sate ayam merupakan potongan daging ayam yang ditusuk – tusuk lidi dan dibakar dengan bumbu kecap dan sambel kacang. Namun jika anda berkunjung ke kota reog anda akan terkejut dengan sate ayam khas kota ini.

Sate ayam khas ponorogo memang berbeda dengan sate ayam di kota lain, perbedaannya sangat jelas daging yang dipotongkan tidak berupa dadu melainkan di file, makanya sate ayam ponorogo lebih empuk dari sate lain dan jarang ada lemak di dagingnya.

Selain itu, sebelum dibakar sate ayam ponorogo di bajek terlebih dahulu agar bumbu lebih meresap, sangking khasnya makanan ini di ponorogo sampai ada gang yang dinamakan gang sate. Jika anda memasuki gang ini dari pertama anda masuk hingga ujung gang anda hanya melihat rumah penjual sate ponorogo. Dalam gang tersebut juga terdapat sate ayam yang terkenal dan paling lezat se kota ponorogo, yaitu milik sate ayam milik tukri sobikun.

Warung ini mempunyai sejarah yang panjang, dan dari jaman belanda keahlian ini sudah diwariskan secara turun temurun. Ukurannya yang lebih besar dengan irisan yang memanjang serta cita rasa yang khas dijamin membuat selera makan anda memuncak.

Selengkapnya

Pengirim: Hadi Hariyanto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS