Sukses

Tiga Hal yang Belum Anda Tahu Seputar BAB

Buang air besar atau BAB menjadi salah satu aktivitas rutin yang sewajarnya dilakukan manusia setiap hari.

Citizen6 Buang air besar atau BAB menjadi salah satu aktivitas rutin yang sewajarnya dilakukan manusia setiap hari. Biasanya kegiatan rutin ini dilakukan saat pagi hari atau kapanpun saat tiba-tiba perut terasa mulas. Akan tetapi terkadang buang air besar juga mengindikasikan suatu penyakit. Bahkan terkadang Anda tidak akan bisa buang air besar karena masalah kesehatan. Kalau sudah demikian, rasanya pasti akan sangat tidak nyaman. Nah, mungkin tiga hal berikut ini bisa membuat Anda lebih menjaga kesehatan pencernaan Anda.

BAB Teratur

Banyak timbul pertanyaan mengenai berapa kali buang air besar yang wajar dan normal bagi seseorang? Lalu bagaimana jika dalam sehari sama sekali tidak BAB? Sebenarnya anggapan BAB harus di pagi hari itu tidak sepenuhnya benar, karena BAB tidak punya patokan jadwal atau waktu tertentu. Yang jelas, dalam waktu satu minggu paling tidak seseorang pasti akan BAB. Tentunya kalau sedang tidak ingin BAB, tentu saja kita tidak bisa memaksakan kehendak, bukan?

Membutuhkan Serat

Banyak produk minuman atau makanan pelancar BAB yang menawarkan kandungan serat tinggi. Tapi sebenarnya serat bisa didapatkan dari berbagai macam makanan alami, mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Pada dasarnya setiap hari tubuh membutuhkan asupan serat sebanyak 18 gram. Dan jika asupan serat tidak terpenuhi, maka biasanya akan terjadi masalah pencernaan. Untuk mendapatkan asupan serat Anda bisa mengonsumsi pepaya, alpukat, gandum, dan sebagainya.

Mengatasi Sembelit

Ketika Anda mengalami sulit BAB, sembelit atau kontipasi, maka sebaiknya segera atasi masalah tersebut. Pasalnya sembelit pasti akan sangat mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Untuk mengatasi sembelit, sebaiknya Anda mulai atur pola makan Anda. Terutama dari jenis-jenis makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya hindari beberapa macam makanan yang diketahui bisa menyebabkan sembelit. Serta perbanyaklah konsumsi makanan berserat tinggi.

Nah, itu tiga hal yang perlu Anda ketahui mengenai BAB (buang air besar) supaya ke depannya Anda bisa lebih menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini