Sukses

Mahasiswa Ini Habiskan Rp 21 Juta Untuk Beli Rokok Selama Kuliah

Pria yang baru mendapatkan gelar sarjana di sebuah universitas ini menghabiskan Rp 21 juta untuk membeli rokok.

Citizen6, Cina Seorang pria asal Xi'an, Cina, tiba-tiba menjadi sorotan publik di internet. Pasalnya, mahasiswa yang baru mendapatkan gelar sarjana di sebuah universitas ini menunjukkan gambar tumpukan bungkusan rokok yang ia posting di akun jejaring sosialnya.

Dilansir Shanghaiist pada Minggu (19/6/2015), pria yang tak mau disebutkan namanya ini menyatakan bahwa tumpukan kotak rokoknya itu hasil dari ia merokok selama empat tahun. Bahkan ia telah merogoh biaya hingga 10 ribu Yuan atau setara dengan Rp 21 juta untuk membeli lintingan tembakau dengan beragam merek tersebut.

Shanghaiist

Diperkirakan ada sekitar 700 bungkus rokok yang berada dalam gambar. Sontak, ulah pria ini pun langsung menjadi sorotan para onliner. Nampak, beberapa onliner menyayangkan duit sebanyak Rp 21 juta itu untuk membeli rokok yang akan berbahaya dan berdampak buruk bagi tubuh sang penikmatnya.

Shanghaiist

China memang dikenal sebagai salah satu negara yang warganya banyak menjadi pencandu rokok. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 300 juta penduduk China adalah perokok. Akibat banyaknya warganya yang merokok, China dihantam kerugian besar. Setiap tahunnya 1 juta orang tewas akibat penyakit yang disebabkan rokok.

Di sisi lain, Eropa Timur juga memiliki perokok aktif paling banyak yaitu 30 persen dari orang dewasa, diikuti oleh Oceania di 29,5 persen, Eropa Barat 28,5 persen, dan Afrika 14 persen. Penelitian terakhir yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Psychiatrymenemukan, perokok lebih mungkin mengalami penuaan dini, penyakit gusi, hingga Alzheimer dan penyakit jantung. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini