Sukses

Respons Publik Atas Fenomena Cacing Pertanda Gempa di Yogyakarta

Fenomena kemunculan cacing di permukaan tanah berhasil membuat warga Daerah Istimewa Yogyakarta resah.

Citizen6, Jakarta Fenomena kemunculan cacing di permukaan tanah berhasil membuat warga Daerah Istimewa Yogyakarta resah. Pasalnya, peristiwa ini dikaitkan sebagai pertanda gempa bumi dan ada hubungannya dengan aktivitas tektonik.

Munculnya dugaan tersebut berawal dari ciapan-ciapan pengguna jejaring sosial. Mereka menuturkan bahwa cacing-cacing keluar dari dalam tanah itu dalam kondisi lemas, sehingga beberapa orang mengkaitkannya dengan bencana gempa 5,9 skala Richter yang mengguncang Yogya pada 2006 silam.

Sontak kabar tersebut langsung menjadi sorotan publik khususnya para pengguna socmed. Pantauan Citizen6 di linimasa Twitter, terlihat para onliner menuturkan beragam tanggapan terkait munculnya fenomena aneh yang terjadi di Bantul tersebut. 

 

Kalau cuma alasan pancaroba, kenapa cuma cacing yogya - bantul yang keluar dari tanah #cacingkepanasan

 

 

Nampak, dalam ciapan onliner ada yang berkomentar pro maupun kontra terhadap dugaan akan adanya gempa yang akan melanda Yogya. Namun, adapula akun @TRCBPBDDIY milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY yang menjelaskan isu yang beredar di publik.

 

 

 

 

 

 

 

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto mengakui adanya kemunculan cacing tersebut di wilayah Karangjati, Kasihan, Bantul.

Namun dirinya melihat fenomena ini terjadi karena adanya fenomena hujan saat musim kemarau. "Memang kemarin saat liburan saya bersama istri saya jalan-jalan, melihat banyak cacing muncul, jumlahnya memang banyak. Dan kemarin kan sempat hujan, dan saat ini panas. Kemungkinan karena kepanasan mereka muncul di permukaan," ungkapnya pada Rabu (3/6/2015).

Ia pun sudah mendapat laporan dari warga terkait fenomena aneh ini. Ia juga berharap masyarakat tidak mempercayai dugaan munculnya cacing itu berkaitan dengan gempa. Namun, ia tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada karena DIY merupakan daerah yang rawan gempa bumi.

"Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan jika kemunculan cacing tersebut akan muncul gempa. Jadi masyarakat jangan sampai resah dengan fenomena tersebut, namun tetap waspada karena kita memang hidup di wilayah rawan bencana," tambahnya.

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini