Sukses

Ini Caranya Bergabung dengan Komunitas Bagi si Pemalu

Citizen6, Jakarta Komunitas merupakan tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi dan minat yang sama dengan orang lain. Namun, tidak semua orang merasa nyaman untuk berbagi dengan orang-orang yang baru dikenalnya.

Kemudahan dan kecepatan berkomunikasi secara online dijadikan oleh komunitas sebagai media untuk memperluas dan menambah anggota. Selain itu, komunitas secara online bisa menjadi tempat yang tepat bagi orang-orang yang pemalu.

Dilansir dari dummies.com, beberapa orang lebih nyaman dalam komunitas online daripada di dunia nyata. Berkat fenomena yang disebut Keyboard Courage, orang-orang yang pemalu bisa keluar dari cangkangnya dan membuat beberapa teman sejati.

Bahkan, bersosialisasi dalam komunitas online dapat membangun hubungan yang lebih dalam. Pertemanan online memiliki lebih banyak percakapan mendalam melalui e-mail, pesan pribadi, panggilan telepon, dan pesan instan. Setelah nyaman dengan persahabatan secara online maka orang yang pemalu mulai terbuka untuk bertemu secara langsung.

Menurut Deborah Ng, banyak orang yang pemalu terkejut dengan betapa mudahnya mereka dapat berkomunikasi secara online daripada bertemu secara langsung. Mereka tidak malu untuk mengambil bagian dalam percakapan karena tidak adanya tatap muka.

Komunitas online memberikan anggotanya tempat yang aman dan ramah untuk anggotanya bergaul dan bicara tentang minat mereka, meskipun minat tersebut sering dianggap tidak menarik oleh orang sekitarnya.

Hal positif tentang komunitas online adalah orang tidak lagi harus merasa bahwa mereka tidak memiliki orang lain untuk berbagi. Di dunia Online, setiap orang bisa menjadi siapa saja yang mereka inginkan.

Jadi bagi kamu yang pemalu namun memiliki minat tertentu dan ingin membagikannya kepada orang lain, tidak ada salahnya mencoba gabung komunitas secara online. Bisa saja setelah kamu bergabung dengan komunitas online, rasa percaya diri kamu akan timbul dan kamu pun bisa menambah teman melalui komunikasi tatap muka.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini