Sukses

Tanaman-tanaman Paling Mematikan di Muka Bumi

Berhati-hatilah dengan tanaman-tanaman ini. Tak sengaja mengonsumsinya dapat menyebabkan kematian

Citizen6, Jakarta Tahukah Anda, beberapa tanaman memiliki mekanisme pertahanan diri tertentu. Ada beberapa tanaman yang berbentuk menyeramkan, berlendir, sampai beracun. Nah, tanaman-tanaman beracun ini mengandung racun mematikan. Tak heran mereka disebut tanaman-tanaman paling mematikan. Apa saja?

1. Water Hemlock

Tanaman ini disebut-sebut sebagai “tanaman beracun paling mematikan di Amerika Utara.” Meski bunga dan batangnya tidak berbahaya, akarnya justru mengandung getak mematikan yang disebut ciutoxin. Racun dari getah tersebut akan membuat seseorang kejang-kejang dan diikuti kematian, meski hanya mengonsumsinya sedikit saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2-3

2. English Yew

Atau cemara inggris (taxus baccata) termasuk salah satu tanaman paling mematikan di dunia. Seluruh bagian dari pohon yang banyak ditemukan di Eropa ini beracun kecuali kulit buahnya. Racun utama yang dimiliki pohon ini adalah taxine. Racun ini dapat bereaksi sangat cepat, memicu serangan jantung, dan tak ada penawarnya. Meski begitu, racunnya kerap digunakan untuk proses aborsi.

3. Snakeroot

Dari namanya saja sudah berbahaya. Namanya berarti akar ular. Bila tanaman ini dimakan oleh sapi atau kambing, susu dan tulang sapi atau kambing tersebut akan dipenuhi oleh racun tremetol. Saat susu dan daging hewan tersebut dikonsumsi manusia, manusia akan keracunan. Keracunan susu itulah yang menyebabkan ibu Abraham Lincoln meninggal.

3 dari 5 halaman

4-5

4. Strychnine

Racun dari tanaman ini sudah melegenda. Diceritakan bahwa Cleopatra pernah memaksa pelayannya untuk memakan biji buah pohon ini. Pelayannya kemudian kesakitan luar biasa dan mati perlahan akibat racun strychnine dan brucine yang terkandung di dalamnya. Cleopatra akhirnya memilih cara lain untuk bunuh diri yang tak menyakitkan, yakni menggunakan gigitan ular berbisa.

5. Moonseed

Tanaman yang berasal dari Amerika Utara ini meski dapat dikonsumsi oleh burung, sangat berbahaya bagi manusia yang memakannya. Biji buahnya dapat menyebabkan kelumpuhan.

4 dari 5 halaman

6-7

6. Angel’s Trumpet

Kandungan racun yang terdapat dalam tanaman ini adalah atropine, hyoscyamine, dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai zat penyebab halusinasi. Berdasarkan laporan, pernah ada orang yang meninggal saat tak sengaja mengonsumsi tanaman ini.

7. Bushman

Tanaman ini memiliki racun yang disebut wintersweet. Racun tersebut sering digunakan oleh suku Khoisan di Afrika Selatan untuk meracuni anak panah mereka. Meski getahnya beracun, tanaman ini bunganya harum dan buahnya enak. Daunnya bahkan dapat dijadikan obat herbal.

5 dari 5 halaman

8-9

8. Rosary Pea

Meski terlihat cantik, tanaman ini termasuk tanaman paling mematikan. Bijinya mengandung racun abrin yang dapat menyebabkan demam, mual, mulut berbusa, kejang-kejang, dan menyerang ginjal serta pendarahan retina.

9. Castor Bean

Biasa disebut juga biji kesturi. Anda pasti familiar dengan tanaman ini. Berhati-hatilah, sebab sebiji kecil kesturi cukup untuk membunuh orang dewasa hanya dalam beberapa menit. Meski begitu, minyaknya aman untuk digunakan.

Nah, ke depannya. Berhati-hatilah jika melihat tanaman-tanaman tersebut. Anda tentu tak ingin salah satu anggota keluarga Anda keracunan dan menemui ajal karena ketidaktahuannya bukan?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.