Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Rumah Ambruk, dari Punya Pejabat sampai Akibat Bencana

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks terkait rumah ambruk, simak daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks tentang rumah ambruk beredar di media sosial, informasi bohong tersebut mencatut pejabat lembaga negara hingga bencana alam. Informasi palsu tersebut dapat menyesatkan jika dipercaya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks terkait rumah ambruk, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar rumah ambruk.

Video Rumah Baru Ketua MK Suhartoyo Ambruk

Beredar di media sosial postingan video yang menyebut rumah baru Ketua MK Suhartoyo ambruk. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Juni 2024.

Dalam postingannya terdapat video dua rumah yang ambruk karena tanah di bawahnya mengalami longsor. Video itu disertai foto Suhartoyo dengan narasi "Ini Master Kemunafikan, kirain Malaikat"

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Rumah baru ketua MK Suhartoyo ambrukkk..."

Lalu benarkah postingan video yang menyebut rumah baru Ketua MK Suhartoyo ambruk? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Rumah Ketua KPU Ambruk

Penelusuran klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari  ambruk.

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Maret 2024.

Klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk menampilkan sebuah bangunan yang terlihat miring dan di depannya terdapat mobil berwana hitam.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Rumah ketua KPU Hasyim Ashari AMBRUK!!!"

"Memikul dosa yg amat besar"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rumah' Hasyim Asy'ari KPU tenggelam Ambruk Adzab Allah' Satu persatu besok rumah Jokowi Luhut Sembilan naga Ali baba Yg terlibat Curang semua Nya Tenggelam Aamiin ūü§≤ūü§≤"

Benarkah klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

3 dari 4 halaman

Video Rumah Roboh Akibat Gempa Tuban

Cek Fakta Liputa6.com mendapati klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook 22 Maret 2024.

Klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban menampilkan sebuah bangunan bertingkat berbentu rumah yang terletak di pinggir jalan, kemudian pada sebagian bangunan tersebut roboh dari bagian atap hingga temboknya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pulau bawean gresek

#gempapulaujawa

#gempatuban"

Benarkah klaim video rumah roboh akibat gempa Tuban? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini