Sukses

Liputan6.com Gelar Roadshow di STMIK Komputama Majenang, Ajak Gen Z Berantas Hoaks

Roadshow Cek Fakta Liputan6.com kembali digelar di STMIK Komputama Majenang. Simak keseruannya.

Liputan6.com, Jakarta - Liputan6.com kembali menggelar Roadshow Cek Fakta edisi kedua pada Kamis 6 Juni 2024. Kali ini, Tim Cek Fakta Liputan6.com menyambangi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Komputama, Majenang, Cilacap, Jawa Tengah.

Sekira 300an dari mahasiswa dan siswa SMK Komputama Majenang turut hadir dalam acara yang digelar di Aula STMIK Komputama Majenang. Mereka tampak antusias mengikut cara talkshow, pelatihan cek fakta, mobile journalism, kuis, dan pembagian hadiah.

Ketua Yayasan El Bayan, Prof DR KH Fathul Aminudin Aziz menyambut baik digelarnya Roadshow Cek Fakta Liputan6.com. Menurut dia, pengenalan tentang cek fakta sangat penting untuk mengedukasi mahasiswa dan pelajar tentang pentingnya mengklarifikasi sebuah informasi.

"Karena cek fakta ini penting di tengah hiruk pikuknya medai sosial yang begitu banyak berita hoaksnya, dan kita harus menyeimbangkan informasi-informasi yang kita dapat menggunakan pendekatan ilmiah dan pendekatan yang logik di saat kita menerima informasi yg beragam," ungkap Prof Aziz di Kampus STMIK Komputama Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (6/6/2024).

Prof Aziz menambahkan, acara Roadshow Cek Fakta Liputan6.com ini menjadi momen para mahasiswa, dosen, dan staf STMIK Komputama Majenang mendapat pengetahuan baru tentang cek fakta. Ia berharap, dengan cek fakta masyarakat khususnya mahasiswa dan siswa SMK bisa lebih bijak menggunakan media sosial.

"Ada pengetahuan-pengetahuan baru yang dapat kami terima, terutama dari aspek digitalnya itu terutama untuk mengurangi kita menerima informasi hoaks," tambah Aziz.

Ketua STMIK Komputama Majenang, Kusnana, M.Kom menyebut bahwa acara tersebut disajikan dengan menarik, sehingga mahasiswa yang menjadi peserta bisa dengan mudah menyerap informasi dan materi terkait Cek Fakta.

"Roadshow Cek Fakta disajikan dengan cara yang lugas, santai, penuh humor, dan penuh dengan keceriaan sehingga proses pembelajarannya tersaji dengan menarik dan mudah dicerna oleh peserta. Tentu ini jadi tujuan kita bahwa edukasi ataupun informasi bisa terserap dengan baik oleh peserta," kata Kusnana.

Adapun acara tersebut dipandu oleh jurnalis sekaligus editor Liputan6.com yakni Wayan Diananto. Sementara editor Liputan6.com Hanz Jimenez Salim dan Zulfikar Abubakar menjadi pengisi materi Cek Fakta serta Mobile Journalism.

Mahasiswi Teknik Informatika STMIK Komputama Majenang, Teti Khomsiyani mengaku, sangat tertarik mengikuti acara talkshow serta tutorial terkait cek fakta. Apalagi, kata dia, ada kuis dan pembagian hadiah dalam acara tersebut.

"Seru banget, sangat mengedukasi juga, karena kita perlu banyak literasi untuk menghindari berita hoaks," ungkap Teti.

Hal yang sama juga disampaikan Imam Fauzi. Mahasiswa Teknik Informatika STMIK Komputama Majenang ini menyebut, Roadshow Cek Fakta sebagai acara yang sangat bermanfaat. Selain lebih mengetahui apa itu cek fakta, Imam mengaku, mendapat banyak tips dan cara untuk mengklarifikasi sebuah informasi agar terhindar dari hoaks.

"Sangat mengedukasi, kedua memberikan pembelajaran, ketiga sangat kreatif. Saya jadi lebih mengetahui lebih banyak bagaimana tips-tips untuk mengecek fakta, kemudian harapan saya semoga ke depannya acara seperti ini lebih digiatkan lagi, karena masih banyak masyarakat yang di luar sana sangat sering mendapatkan informasi hoaks atau yang belum jelas kebenarannya," kata Imam Fauzi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.