Sukses

Kumpulan Hoaks Penipuan Catut Nama Bank BNI, Jangan Mudah Tertipu

Hoaks yang mencatut nama bank ternama seperti BNI kerap beredar di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang mencatut nama bank ternama seperti BNI kerap beredar di masyarakat. Hoaks dengan modus penipuan ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks catut nama Bank BNI? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Program Gebyar BNI 2023 Berhadiah Mobil dan Motor

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim gebyar BNI 2023 berhadiah mobil dan motor, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Januari 2024.

Klaim gebyar BNI 2023 berhadiah mobil dan motor berupa tulisan sebagai berikut.

"𝙂𝙀𝘽𝙔𝘼𝙍 𝘽𝙉𝙄 2024𝙆𝙝𝙪𝙨𝙪𝙨 𝙉𝙖𝙨𝙖𝙗𝙖𝙝 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝘽𝙉𝙄

𝙖𝙮𝙤 𝙗𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙖𝙜𝙖𝙧 𝙠𝙖𝙢𝙪 𝙗𝙚𝙧𝙠𝙚𝙨𝙚𝙢𝙥𝙖𝙩𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙟𝙖𝙙𝙞 𝙥𝙚𝙢𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜

𝙃𝘼𝘿𝙄𝘼𝙃 𝙐𝙏𝘼𝙈𝘼

• 1 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙏𝙚𝙨𝙡𝙖 (𝙐𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙏𝙖𝙗𝙪𝙣𝙜𝙖𝙣 𝘽𝙉𝙄 𝙏𝙚𝙧𝙗𝙖𝙣𝙮𝙖𝙠)

• 2 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙃𝙞𝙡𝙪𝙭 𝘿𝙪𝙗𝙡𝙚 𝘾𝙖𝙗𝙞𝙣

• 2 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙍𝙖𝙞𝙯

• 100 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙩𝙤𝙧 𝙃𝙤𝙣𝙙𝙖 𝙋𝘾𝙓-160"

Dalam unggahan tersebut menyertakan tautan "https://gebyar2024.info/Undian/?fbclid=IwAR01GNInSo2WG8yVtvQ0gv84mu1iusMzRtcuDcIX4kj4x1jQFYLfzV59uY4" untuk mengarahkan pada halaman situs yang meminta pengaksesnya untuk mengisi sejumlah identitas.

Benarkah klaim gebyar BNI 2023 berhadiah mobil dan motor? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks BNI Terapkan Kenaikan Biaya Transfer Jadi Rp 150 Ribu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau (BNI) terapkan kenaikan biaya transfer menjadi Rp 150 ribu per bulan. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi BNI terapkan kenaikan biaya transfer menjadi Rp 150 ribu per bulan dikirim oleh akun WhatsApp dengan foto profil logo BNI.

Akun WhatsApp tersebut membagikan file yang berisi informasi pengumuman BNI melakukan perubahan tarif transaksi, dari Rp 6.500 per transaksi dan BI FAST Rp 2.500 akan diubah menjadi Rp 150.000 per bulan.

Pengumuman tersebut juga memberikan penerima pesan pilihan untuk menolak kenaikkan perubahan biaya transaksi, dengan mengisi formulir digital.

Berikut informasi BNI terapkan kenaikan biaya transfer menjadi Rp 150 ribu per bulan.

"INFO BANK BNI

Yth. Bpk/Ibu nasabah mohon konfirmasi jawaban mengenai yang Surat Ketetapan yang kami kirimkan di atas, RESPON SECEPATNYA AGAR TIDAK DIBERLAKUKAN TARIF BARU secara otomatis oleh sistem.

1. SETUJU (Rp150.000/bulan)

2. TIDAK SETUJU (Rp6.500/transaksi)

Silakan pilih tarif sesuai kebutuhan Anda dengan klik tautan di bawah ini:

https://aktivasi-perubahan-tarif-bni.wb-app.com/"

Benarkah informasi BNI terapkan kenaikan biaya transfer menjadi Rp 150 ribu per bulan? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Bank BNI Buka Pendaftaran Gebyar Hadiah 2024 di Facebook

Beredar di media sosial postingan Bank BNI sedang membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah tahun 2024 di Facebook. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 1 Februari 2024.

Berikut isi postingannya:

"𝙂𝙀𝘽𝙔𝘼𝙍 𝘽𝙉𝙄 SPECIAL TAHUN BARU 2024𝙆𝙝𝙪𝙨𝙪𝙨 𝙉𝙖𝙨𝙖𝙗𝙖𝙝 𝘽𝙖𝙣𝙠 𝘽𝙉𝙄𝙖𝙮𝙤 𝙗𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙖𝙜𝙖𝙧 𝙠𝙖𝙢𝙪 𝙗𝙚𝙧𝙠𝙚𝙨𝙚𝙢𝙥𝙖𝙩𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙟𝙖𝙙𝙞 𝙥𝙚𝙢𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜 𝙃𝘼𝘿𝙄𝘼𝙃 𝙐𝙏𝘼𝙈𝘼• 1 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙏𝙚𝙨𝙡𝙖 (𝙐𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙏𝙖𝙗𝙪𝙣𝙜𝙖𝙣 𝘽𝙉𝙄 𝙏𝙚𝙧𝙗𝙖𝙣𝙮𝙖𝙠)• 2 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙃𝙞𝙡𝙪𝙭 𝘿𝙪𝙗𝙡𝙚 𝘾𝙖𝙗𝙞𝙣• 2 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙍𝙖𝙞𝙯• 100 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙩𝙤𝙧 𝙃𝙤𝙣𝙙𝙖 𝙋𝘾𝙓-160"

Lalu benarkah postingan Bank BNI sedang membuka pendaftaran untuk gebyar hadiah tahun 2024 di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.