Sukses

Hoaks Terkini Seputar Kesehatan, dari Penyebab Penyakit sampai Penyembuhannya

Hoaks seputar kesehatan menempati urutan tertinggi beredar di media sosial, kondisi ini harus diwaspadai sebab dapat merugikan jika dipercaya

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar kesehatan beredar di media sosial, bahkan jumlahnya pun menempati urutan tertinggi. Berdasarkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) informasi palsu tersebut terdapat 2.357 temuan sepanjang 2023.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks kesehatan, dari pengobatan hingga penyebab penyakit.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar kesehatan.

Video Dr. Terawan Promosikan Obat Hipertensi

Beredar di media sosial postingan video eks Menteri Kesehatan dr. Terawan mempromosikan obat hipertensi. Postingan itu muncul sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Januari 2023.

Dalam postingannya terdapat video dr.Terawan sedang mempromosikan obat hipertensi. Ia juga menyebut berpartisipasi langsung dalam pembuatan obat tersebut.

Video itu disertai narasi "Metode yang sederhana dan efektif. Produk ini ada di setiap rumah!"

Lalu benarkah postingan video eks Menteri Kesehatan dr. Terawan mempromosikan obat hipertensi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum Air Es Setiap Hari Bisa Timbulkan Penyakit Fatal

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim ada penyakit fatal yang mengintai jika minum air es setiap hari. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat video yang menyebutkan 10 efek minum air es setiap hari. Video itu menyebut ada penyakit yang fatal jika meminum air es setiap hari yakni:

"1. Membekukan makanan berminyak.

2. Memicu terbentuknya batu ginjal.

3. Menyebabkan pusing.

4. Perut yang membuncit.

5. Begah atau perut terasa kembung.

6. Membuat tubuh terus merasa haus.

7. Memperlambat detak jantung.

8. Penyebab pembekuan di otak.

9. Hilangnya nutrisi dalam tubuh.

10. Memicu radang tenggorokan."

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim ada penyakit fatal yang mengintai jika minum air es setiap hari? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

3 dari 4 halaman

Video Mantan Menkes Nila Moeloek Promosi Obat Prostat

Beredar di media sosial postingan video mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mempromosikan obat prostat. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 Desember 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 49 detik dengan narasi sebagai berikut:

"Wawancara Eksklusif: Dr Nila Moeloek berbagi solusi paling efektif untuk prostatitis"

Akun itu menambahkan narasi:

"Pria Wajib Tahu! Cara Cepat Redakan Prostatitis! 🛡️STOP! Jangan Biarkan Prostatitis Mengontrol Hidup Anda!"

Lalu benarkah postingan video mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mempromosikan obat prostat? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini