Sukses

Hoaks Seputar Kesehatan Terkini, dari Asam Urat hingga Obat

kumpulan hoaks terkini seputar kesehatan

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar kesehatan beredar di media sosial, berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga Mei 2023 sebarannya mencapai 11.642 konten.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks seputar kesehatan, setelah melakukan penelusuran di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar kesehatan.

Tips Ringan Cek Asam Urat dengan Tangan Dalam Video Ini

Cek Fakta Liputan6.com menadapati klaim video tips ringan mengecek asam urat hanya dengan tangan. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 11 November 2023.

Klaim video tips ringan mengecek asam urat hanya dengan tangan menampilan telapak tangan yang dibuka lebar kemudian ada jari telunjuk yang menjunjuk pada ruas-ruas jari dalam tampilan video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"CARA MENGECEK KALIAN PUNYA ASAM URAT ATAU TIDAK HANYA DENGAN TANGAN"

Video tersebut berlanjut dengan mengarahkan untuk melipat rapat satu ruas kelima jari yang paling atas sebagai langkah pertama.

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut

"Langkah pertama Lipat jari kalian seperti ini.

jika jari kalian rapat seperti ini, itu artinya asam urat kalian normal

Tapi, jika jari kalian tidak rapat seperti ini, itu artinya kalian punya asam urat yang tinggi."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Tips ringan cara mengecek Asam urat koment 

#carasehat

#cekasamurat

#lipattangan"

Benarkah video tips ringan mengecek asam urat hanya dengan tangan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Dokter Terawan Berbicara Tentang Pengobatan Prostatitis

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Oktober.

Klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis berupa video yang menampilkan Dokter Terawan yang mengenakan kemeja putih dengan bagian kerah bercorak sedang berbicara, dengan transkrip sebagai berikut.

"Prostatitis di Indonesia pada tahun 2023 telah memecahkan rekor, ini lebih dari sekedar penyakit ketidaknyamanan potensi sering buang air kecil, tubuh Anda mengirimkan sinyal bahaya di bawah bimbingan saya solusi alami untuk masalah ini telah dikembangkan prostanore adalah kesempatan anda untuk melawan prostatitis secara eksklusif di situs web kami dengan biaya pokok jaga kesehatan mu"

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Jika Anda Memiliki Masalah Prostatitis DAN SERING BUANG AIR KECIL-SEGERA BACA"

Benarkah klaim video Dokter Terawan promosikan pengobatan prostatitis? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

3 dari 4 halaman

Video Parasit dari Cairan Vaksin dan Obat Covid yang Serang Sistem Saraf

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan parasit dari cairan obat Covid yang serang sistem saraf. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 September 2023.

Unggahan video penampakan parasit dari cairan obat Covid yang serang sistem saraf menampilkan benda berwarna merah mengeluarkan benda putih seperti akar serabut.

"penampakan p4rasit GO dari c4iran jasjus dan 0b4t c0v1d yang mengontrol tubuh dan dapat menyerang sistem saraf 🧠 dan 0rg4n lainya."

Benarkah klaim video penampakan parasit dari cairan vaksin dan obat Covid yang dapat serang sistem saraf? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.