Sukses

Hoaks Korban Perang Rusia-Ukraina Hingga Palestina-Israel

Hoaks korban perang yang beredar di medsos

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar korbang perang beredar di media sosial, keberadaan informasi palsu ini tentu dapat menyesatkan pihak yang mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap sejumlah hoaks seputar korban perang, mulai dari Rusia dengan Ukraina hingga Hamas dengan Israel.

Berikut kumpulan hoaks seputar korbang perang.

Video Sandiwara Zionis saat Perang

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video sandiwara Zionis saat perang, informasi tersebut diunggah pada 10 Oktober 2023.

Klaim video sandiwara Zionis saat perang menampilkan sejumlah orang salah satunya seorang anak yang sedang tidur terlentang dengan kaki tertekuk, di depan muka anak tersebut terdapat kamera.

Dalam video juga terlihat sejumlah orang sedang berdialog, terlihat juga sebagian orang mengenakan penutup kepala putih dan sebagian menenganakan baju hijau membawa senapan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"beginilah cara antek² si jahat

membuat penipuan ke publik untuk agenda perdamaian 🕊⚔ p4lsu melalui perang

😀Dunia panggung sandiwara zi0n_is😉" .

Benarkah klaim video sandiwara Zionis saat perang? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Video Buatan Korban Perang Rusia Ukraina

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video settingan korban perang Rusia Ukraina. Informasi tersebut beredar lewat Facebook, pada 28 Februari 2022.

Klaim video settingan korban perang Rusia Ukraina yang diunggah menampilkan sejumlah orang salah satunya terlihat mengeluarkan cairan berwarna merah pada mulutnya, cairan tersebut juga ada pada bajunya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Jgn msh prcaya dg media yg memberitakan perang Rus-Ukr. Korban sipil hanya settingan, utk menggiring dunia membenci Rus.Sama sprti model peristiwa w u h a n. Teknologi semakin canggih. Namanya CGI"

Setelah ditelusuri, klaim video settingan korban perang Rusia Ukraina tidak benar.

Video ini tidak membuktikan bahwa perang dimainkan, kejadian dalam film tersebut merupakan pembuatan film serial horor Contamin, yang disponsori bersama oleh DRIU Production yang berbasis di Kiev dan beredar dari sebelum 24 Februari 2022, ketika Rusia memulai invasinya ke Ukraina.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini