Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ini Video Buatan Korban Perang Rusia Ukraina

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video buatan korban perang Rusia Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video settingan korban perang Rusia Ukraina. Informasi tersebut beredar lewat Facebook, pada 28 Februari 2022.

Klaim video settingan korban perang Rusia Ukraina yang diunggah menampilkan sejumlah orang salah satunya terlihat mengeluarkan cairan berwarna merah pada mulutnya, cairan tersebut juga ada pada bajunya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Jgn msh prcaya dg media yg memberitakan perang Rus-Ukr. Korban sipil hanya settingan, utk menggiring dunia membenci Rus.Sama sprti model peristiwa w u h a n. Teknologi semakin canggih. Namanya CGI"

Benarkah klaim video settingan korban perang Rusia Ukraina? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video settingan korban perang Rusia Ukraina, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video setingan korban perang Rusia Ukraina

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Ukrayna’da Sahte Yaralıların Yer Aldığı Çekime Ait Olduğu İddiasıyla Paylaşılan Video" yang diungah situs malumatfurus.org, pada 3 Maret 2022.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video setingan korban perang Rusia Ukraina

Situs malumatfurus.org menyebutkan, orang-orang yang terlihat dalam video tersebut adalah aktor dalam syuting serial TV pada Desember 2021. Namun, bukan orang Ukraina. 

Video itu beredar dari sebelum 24 Februari 2022, ketika Rusia memulai invasinya ke Ukraina. Serial tersebut tentang epidemi mematikan yang ditayangkan di serial TV Jerman dan Ukraina berjudul Contamin. Serial yang belum selesai, sebagian diambil di Ukraina, diharapkan akan diputar pada tahun 2022.

Serial ini, yang diproduksi oleh Harald Franklin dan Daria Driuchenko, dibuat untuk Netflix oleh perusahaan DRIU Production yang berbasis di Kyiv.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Kino kūrėjos darbą panaudojo dezinformacijai skleisti" yang dimuat situs delfi.lt yang dimuat 28 Februari 2022. Dalam artikel tersebut terdapat foto yang identik dengan video. 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video setingan korban perang Rusia Ukraina

 

 

Artikel situs delfi.lt Video ini tidak membuktikan bahwa perang dimainkan, kejadian dalam film tersebut merupakan pembuatan film serial horor Contamin, yang disponsori bersama oleh DRIU Production yang berbasis di Kiev.

Sumber:

https://www.delfi.lt/news/melo-detektorius/melas/kino-kurejos-darba-panaudojo-dezinformacijai-skleisti.d?id=89584193

https://www.malumatfurus.org/sahte-savas-yarali-videosu/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video settingan korban perang Rusia Ukraina tidak benar.

Video ini tidak membuktikan bahwa perang dimainkan, kejadian dalam film tersebut merupakan pembuatan film serial horor Contamin, yang disponsori bersama oleh DRIU Production yang berbasis di Kiev dan beredar dari sebelum 24 Februari 2022, ketika Rusia memulai invasinya ke Ukraina.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.