Sukses

KPK Corner Upaya untuk Tingkatkan Literasi Digital

KPK Corner akan dilengkapi dengan pengetahuan antikorupsi yang ditujukan untuk berbagai kalangan, termasuk anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini punya KPK Corner.  KPK Corner diresmikan di Perpustakaan Jakarta, Kamis (5/10). Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak, serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, Firmansyah.

Yuyuk mengapresiasi kerja sama Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah memberikan ruang penanaman nilai-nilai antikorupsi dan integritas melalui membaca dan menulis. Pojok Baca Antikorupsi yang diberi nama KPK Corner di Perpustakaan Jakarta ini merupakan KPK Corner yang ke-6 diresmikan.

“Hari ini, kami sangat berbahagia karena KPK Corner pertama kalinya berada di Perpustakaan Umum yaitu Perpustakaan Jakarta di mana sebelumnya hanya ada di Perguruan Tinggi. Kami melihat peluang bahwa masyarakat umum juga harus terlibat dalam setiap program antikorupsi,” ujarnya dilansir laman web resmi KPK.

Melansir dari laman web resmi KPK, KPK Corner akan dilengkapi dengan pengetahuan antikorupsi yang ditujukan untuk berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Pendidikan antikorupsi sejak dini juga menjadi salah satu program unggulan, dimana KPK menyiapkan bahan bacaan, materi visual, dan permainan yang dapat memberikan pemahaman dan menanamkan nilai-nilai antikorupsi.

Perpustakaan Jakarta sendiri memiliki lokasi dan konsep perpustakaan yang modern, memiliki banyak ruang baca sesuai usia, dan menjadi salah satu tujuan menghabiskan waktu bersama masyarakat berkat ide yang diusungnya.

Tempat ini juga dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari usia sekolah hingga pekerja dari berbagai latar belakang. Banyak kegiatan komunitas yang diselenggarakan di Perpustakaan Jakarta, seperti diskusi, kolaborasi seni, dan kegiatan anak di ruang publik.

Berbagai kegiatan tersebut dapat menjadi peluang untuk mendukung visi dan misi KPK dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai usia sebagai penggerak gerakan anti korupsi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, Firmansyah menyambut baik peresmian KPK Corner di Perpustakaan Jakarta.

Hal ini merupakan wujud implementasi Undang-Undang 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui budaya membaca sehingga generasi mendatang semakin peka, cerdas dan paham literasi digital.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.