Sukses

Hoaks Terkait Pemeriksaan Kesehatan, dari Hancurkan Indonesia hingga Sebar Penyakit

Kumpulan hoaks seputar pemeriksaan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks lewat pemeriksaan kesehatan beredar di tengah masyarakat, kabar palsu tersebut dibumbui dengan hal yang mengerikan.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mendapati sejumlah hoaks terkait pemeriksaan kesehatan, mulai dari cek gula darah hingga sebarkan virus.

Berikut kumpulan hoaks seputar pemeriksaan kesehatan.

Ada Penyamar Sebarkan Penyakit Lewat Pemeriksaan Gula Darah Gratis untuk Hancurkan Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi penyamar mengaku dari fakultas kedokteran sebarkan penyakit lewat cek gula darah gratis untuk hancurkan Indonesia, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Juli 2023.

Unggahan penyamar mengaku dari fakultas kedokteran sebarkan penyakit lewat cek gula darah gratis untuk hancurkan Indonesia, berupa tangkapan layar percakapan WhatsApp yang berisi tentang pemberitahuan ada pihak yang mengaku dari fakultas kedokteran melakukan pemeriksaan gula darah gratis.

Jika ada yang menawarkan pemeriksaan gula darah gratis agar ditolak, sebab ada pihak yang menyamar ingin menghancurkan Indonesia lewat alat cek tersebut yang tidak bersih dan ada penyakit di dalamnya.

Tangkapan layar tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hati hati ya, ada tadi datang d rumah😱😱"

Benarkah informasi penyamar mengaku dari fakultas kedokteran sebarkan penyakit lewat cek gula darah gratis untuk hancurkan Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Suara Sekolompok Mahasiswa Sebarkan Virus AIDS Lewat Pengambilan Sampel Darah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pesan suara yang mengkalim sekolompok mahasiswa  menyebarkan virus AIDS melalui pengambilan sampel darah.

Pesan suara yang mengkalim sekolompok mahasiswa menyebarkan virus AIDS melalui pengambilan sampel darah beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp dengan menggunakan bahasa Jawa.

Berikut transkrip pesan suara yang mengkalim sekolompok mahasiswa mengambil sampel darah untuk menularkan AIDS.

"Assalamualaikum bu sum iki enek informasi nek enek sekelompok mahasiswa seko kalimantan ngider neng omah-omah, wong kui njaluk sampel darah, kui nyebar virus aids lewat jarume. Jadi sampean share neg grup RT tolong disapaikan tenanan, iki wis teko Kendal Sidodadi digoleki polisi langsung ngilang."

Benarkah pesan suara yang mengkalim sekolompok mahasiswa menyebarkan virus AIDS melalui pengambilan sampel darah? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

3 dari 4 halaman

Informasi dari Mabes Polri dan Pangdam Udayana Penyebaran AIDS Lewat Bantuan Cek Gula Darah

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim informasi dari Mabes Polri dan Pangdam Udayana tentang penyebaran AIDS lewat bantuan cek gula darah. Kabar tersebut beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim informasi dari Mabes Polri dan Pangdam Udayana tentang penyebaran AIDS lewat bantuan cek gula darah.

"INFO DARI MABES POLRI

Harap kesedian anda untuk bantu menangkap mereka dengan cepat jika Anda menemui orang-orang yang berkunjung di depan pintu Anda dan mereka mengatakan, mereka berasal dari Fakultas Kedokteran untuk Bantu Mengukur Gula darah secara GRATIS, Segera Informasikan kepada POLISI karena ORANG-ORANG itu adalah Orang yg ingin MENGHANCURKAN INDONESIA. Mereka Berkunjung Dari Rumah ke Rumah untuk Menyebarkan VIRUS AIDS melalui Alat Suntik yang Mereka bawa,Kabar ini Berkembang setelah *Warga Pasuruan, Jawa Timur* banyak yang terinfeksi Virus AIDS setelah mendapat Cek Gula Darah Gratis dr Org yang mengaku dari Fakultas Kedokteran.

Hal yang serupa pun terjadi di daerah *Jogya* . Ada beberapa Orang yang di duga Terinfeksi AIDS setelah melakukan Suntik Cek Gula darah untuk Tes Gula darah yang sama di lakukan oleh Orangyang mengaku berasal dari Fakultas Kedokteran.Laporan Warga kepada Kantor ke Polisian pun makin Marak,Masyarakat di minta untuk lebih WASPADA dan segera MELAPOR kepada APARAT POLISI bila ada hal yang SAMA terjadi di Daerah Anda, agar Dapat segera di TANGKAP beserta Barang Buktinya ...

Dan ini sdh terjadi di *SDN PATAS Gerokgak Buleleng* . Tetapi Para Guru Curiga karena Mrk Memaksa utk Mengambil Darah, dgn Alasan Mengecek Darah Murid2.Jangan LUPA segera minta KTP Mereka dan Laporkan secepatnya,Agar tidak timbul Korban lebih banyak lagi pada Anak2,Saudara,Sahabat,Org2 di sekitar Kita ...

NB:Bantu share...waspada🙏🙏🙏🙏

Kita perlu ketahui bahwa penularan virus ( HIV ) hanya melalui 3 cairan yaitu, cairan kelamin ( hub.sex yg tdk aman), cairan darah ( kontak darah) dan cairan air susu Ibu 🙏🙏"

"INFO DARI PANGDAM IX UDAYANA BALI

Harap kesedian anda untuk bantu menangkap mereka dengan cepat jika Anda menemui orang-orang yang berkunjung di depan pintu Anda dan mereka mengatakan, mereka berasal dari Fakultas Kedokteran untuk Bantu Mengukur Gula darah secara GRATIS,Segera Informasikan kepada POLISI karena ORANG-ORANG itu adalah Orang yg ingin MENGHANCURKAN INDONESIA. Mereka Berkunjung Dari Rumah ke Rumah untuk Menyebarkan VIRUS AIDS melalui Alat Suntik yang Mereka bawa,Kabar ini Berkembang setelah *Warga Pasuruan, Jawa Timur* banyak yang terinfeksi Virus AIDS setelah mendapat Cek Gula Darah Gratis dr Org yang mengaku dari Fakultas Kedokteran.Hal yang serupa pun terjadi di daerah *Jogya* . Ada beberapa Orang yang di duga Terinfeksi AIDS setelah melakukan Suntik Cek Gula darah untuk Tes Gula darah yang sama di lakukan oleh Orangyang mengaku berasal dari Fakultas Kedokteran.Laporan Warga kepada Kantor ke Polisian pun makin Marak,Masyarakat di minta untuk lebih WASPADA dan segera MELAPOR kepada APARAT POLISI bila ada hal yang SAMA terjadi di Daerah Anda, agar Dapat segera di TANGKAP beserta Barang Buktinya ...

Dan ini sdh terjadi di *SDN PATAS Gerokgak Buleleng* . Tetapi Para Guru Curiga karena Mrk Memaksa utk Mengambil Darah, dgn Alasan Mengecek Darah Murid2.Jangan LUPA segera minta KTP Mereka dan Laporkan secepatnya,Agar tidak timbul Korban lebih banyak lagi pada Anak2,Saudara,Sahabat,Org2 di sekitar Kita ...

NB:Bantu share...waspada🙏🙏"

Benarkah klaim informasi dari Mabes Polri dan Pangdam Udayana tentang penyebaran AIDS lewat bantuan cek gula darah? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini